Kroasia ke Final Piala Dunia 2018, Klopp Sanjung Lovren

Oleh: Gilang Ramadhan - 13 Juli 2018
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, memuji penampilan Dejan Lovren yang tampil apik bersama Kroasia di Piala Dunia 2018.
tirto.id - Tim nasional (timnas) Kroasia berhasil lolos ke final Piala Dunia 2018 untuk pertamakalinya setelah mengalahkan Inggris di semifinal dengan skor 2-1. Jurgen Klopp pun melontarkan pujian untuk Dejan Lovren, bek andalan Kroasia yang juga anak asuhnya di Liverpool.

Pujian Klopp datang usai Lovren memberikan pernyataan bahwa dirinya patut disebut sebagai salah satu bek terbaik dunia. Lovren membawa Liverpool sampai ke final Liga Champions 2017/2018 kendati kalah dari Real Madrid. Kini, ia turut membantu Kroasia melaju ke final Piala Dunia 2018 di Rusia.




Klopp mengakui, sebagai sosok bek tengah yang berperan krusial, Lovren beberapa kali pernah membuat blunder. Namun, pelatih asal Jerman ini menegaskan bahwa siapapun bisa berbuat hal serupa dengan Lovren.

“Orang-orang sangat sering menilai orang lain terlalu dini. Sejak saya masuk [di Liverpool], mungkin Dejan membuat tiga atau empat kesalahan, dua di antaranya dalam pertandingan melawan Tottenham Hotspur, tapi itu bukan 15 atau 20 [kesalahan],” katanya kepada laman resmi Liverpool.

“90 persen dari waktu penampilannya sangat luar biasa, 95 persen benar-benar baik, dan 5 persen mungkin dia tidak dalam kondisi terbaiknya. Tetapi Anda akan menemukan masalah ini untuk hampir semua pemain di dunia," imbuh Klopp.

"Dia bermain fantastis di Piala Dunia sejauh ini. Saya sangat senang untuknya. Negara ini kecil tetapi semua pemainnya cukup besar. Ini mengesankan apa yang mereka lakukan,” pungkas eks juru taktik Borussia Dortmund ini.

Lovren memang menjadi andalan di lini belakang Kroasia dan turut mengantarkan skuad asuhan Zlatko Dalic melampaui pencapaian tertinggi di Piala Dunia, yakni mencapai final. Kroasia akan menghadapi Perancis di partai puncak pada Minggu (15/7/2018) di Stadion Luzhniki, Moskow.



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live