Korea Indonesia Film Festival Digelar Mulai 28-31 Oktober 2020

Oleh: Siti Ninda Lestari - 26 Oktober 2020
Dibaca Normal 1 menit
Jadwal Korea Indonesia Film Festival 2020 dan daftar film yang bakal di tampilkan di festival film ini.
tirto.id - Korea Film Festival (KIFF) akan kembali diadakan pada 28 Oktober sampai dengan 31 Oktober 2020. Namun, penyelenggaraan acara tahunan ini sedikit berbeda dibanding acara KIFF tahun sebelumnya.

Dilansir dari Antara, penyelenggaraan KIFF tahun 2020 juga diselenggarakan via daring (online) mengingat pandemi virus corona yang masih memakan banyak korban jiwa.

"Sayangnya tahun ini kita masih pandemi, sebagian besar acara tahun ini terpaksa diselenggarakan daring," kata Direktur Korean Cultural Center Indonesia Kim Yong Woon dalam konferensi pers virtual pada Rabu, (21/10/2020).

KIFF 2020 diselenggarakan via platform video-on-demand GoPlay. Penonton dapat mengunduh layanan GoPlay, lalu masuk ke akun GoPlay menggunakan akun Gojek. Setelah itu penonton bisa menikmati film yang ingin ditonton.

Film yang ditampilkan dalam acara ini, di antaranya The Swordsman, Peninsula, The Beauty Inside, On Your Wedding Day, Architecture 101, Parasite, dan Kim Ji Young Born 1982. Selain itu, KIFF juga menampilkan film Indonesia seperti Gundala dan Habibie Ainun 3. Penonton dapat menonton film-film tersebut dengan gratis di GoPlay.

Selain diselenggarakan via daring, KIFF 2020 juga akan diselenggarakan via luring (luar jaringan) di bioskop CGV Paris Van Java dan CGV Kings Shopping Center, Bandung, Jawa Barat. Tiket untuk KIFF 2020 dibanderol dengan harga Rp5.000.

Pada tahun-tahun sebelumnya, KIFF diadakan di bioskop Jakarta. Namun pada tahun ini, KIFF diadakan di Bandung agar bisa lebih menjangkau penonton. Meski diselenggarakan luring, penonton bioskop di Bandung dibatasi hanya sampai 50 persen kapasitas normal. Penonton juga harus mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, menjaga jarak, hingga mengisi formulir data diri.

KIFF dicetuskan oleh Kedutaan Besar Republik Korea untuk Republik Indonesia dan diselenggarakan bekerja sama dengan CJ CGV dan Korean Cultural Center Indonesia (KCCI).

Setiap tahun, penyelenggaraan KIFF dihadiri oleh pembuat film, aktor, aktris, dan pelaku bisnis perfilman. Selain itu, KIFF juga menayangkan film-film Korea pilihan terbaik di berbagai penjuru Indonesia.

KIFF tahun ini menayangkan delapan belas judul film (15 film Korea dan 3 film Indonesia) di kanal daring GoPlay dan bioskop CGV. Film pembuka KIFF 2020 adalah The Swordsman yang dibintangi Jang Hyuk dan Joe Taslim. Film The Swordsman tayang perdana di KIFF sebelum ditayangkan untuk publik.

Dilansir dari cgv.id, Kedutaan Besar Republik Korea, Korean Cultural Center Indonesia, dan CJ CGV ingin terus berkomitmen melakukan pertukaran budaya dan mempererat persaudaraan antara Korea Selatan dan Indonesia.




Baca juga artikel terkait KOREA INDONESIA FILM FESTIVAL 2020 atau tulisan menarik lainnya Siti Ninda Lestari
(tirto.id - Film)

Penulis: Siti Ninda Lestari
Editor: Yantina Debora
DarkLight