Lebaran 2022

Korban Kebakaran Pasar Gembrong Salat Id di Kolong Tol Becakayu

Penulis: - 2 Mei 2022 08:35 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Merayakan Hari Lebaran 2022, warga korban kebakaran Pasar Gembrong menggelar salat id di kolong Tol Becakayu.
tirto.id - Warga RW01 Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, yang menjadi korban kebakaran menggelar salat Idul Fitri di kolong Tol Becakayu.

Ketua RW01 Cipinang Besar Utara Maju Saiman mengatakan warga sangat antusias mengikuti salat Idul Fitri meski dalam keadaan berduka akibat musibah kebakaran.

"Sudah menjadi agenda kita setiap tahun dan walaupun musibah kebakaran terjadi kita tetap jalankan," kata Maju Saiman di Jakarta, Senin (2/5/2022).

Pria yang akrab disapa Yongki itu menjelaskan bahwa kegiatan salat Idulfitri diikuti ratusan warga yang menjadi korban kebakaran pada 24 April 2022.

Yongki menuturkan para warga dapat menjalankan kegiatan salat Idulfitri berkat bantuan perlengkapan ibadah dari donatur.

"Saya selaku ketua RW dibantu donatur di Jakarta, kami tetap mendistribusikan perlengkapan salat apabila mereka belum miliki sehingga mereka bisa mengikuti salat Idulfitri," ujar Yongki.

Lebih lanjut, dia juga tak lupa mengucapkan rasa terima kasih kepada masyarakat dan para donatur yang telah membantu pemulihan warga Pasar Gembrong yang menjadi korban kebakaran.

"Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah, polisi, TNI, dan masyarakat yang ingin warga Gembrong pulih sehingga kami bisa menjalani kehidupan normal," tutur Yongki.

Korban Kebakaran Pasar Gembrong Nantikan Bantuan Hunian Baru

Korban kebakaran di RW01 Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur, menantikan bantuan hunian baru dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Ketua RW01 Cipinang Besar Utara, Maju Saiman mengatakan saat ini sebagian warga Pasar Gembrong masih bertahan di lokasi pengungsian.

"Sebagian ada yang pulang kampung, sebagian ada yang cari kontrakan baru sampai rumah dibangun sehingga bisa ditempati," kata Maju Saiman di Jakarta, Senin (2/5/2022).

Pria yang akrab disapa Yongki itu menjelaskan setelah Idul Fitri rencananya akan dilakukan pendataan kembali warga yang terdampak korban kebakaran pada 24 April 2022 tersebut.

"Kami melakukan pendataan dan bekerja sama dengan pihak kelurahan dan kecamatan untuk arahan selanjutnya," ujar Yongki.

Lebih lanjut, Yongki mengatakan bahwa rencananya juga warga RW01 akan melakukan kegiatan kerja bakti untuk membersihkan sisa puing kebakaran yang menghanguskan sekitar 400 bangunan tersebut.

"Rencana terdekat kami akan mengadakan kegiatan kerja bakti. Kemudian pendataan pengontrak dan pemilik, baru sosialisasi apa dari pemerintah daerah," tutur Yongki.


Baca juga artikel terkait LEBARAN 2022 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Maya Saputri

DarkLight