KM Dewi Noor Tenggelam di Kepulauan Seribu: 1 Tewas, 3 Hilang

Sumber: Antara, tirto.id - 19 Agu 2023 17:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Agung menambahkan pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebocoran mesin kapal tersebut.
tirto.id - Kapal Motor Dewi Noor 1 dilaporkan tenggelam di perairan Kepulauan Seribu, tepatnya di arah Dermaga Pondok Dayung, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sabtu 19 Agustus 2023. Akibat insiden ini satu orang penumpang meninggal dunia dan tiga hilang.

Kepala Seksi Operasi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Jakarta, Agung Priambodo mengatakan KM Dewi Noor 1 mengangkut 15 penumpang termasuk awak kapal. Kapal ini membawa material bangunan.

"Tenggelam akibat ada kebocoran mesin. Korban satu meninggal dunia, satu sakit, dan tiga masih dicari," ucap Agung Priambodo dikutip dari Antara.

Korban meninggal dunia berinisial A (47) dan korban sakit berinisial J dibawa menggunakan ambulans ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati setelah petugas berhasil mengevakuasi.

Agung juga membenarkan terdapat tiga orang penumpang KM Dewi Noor 1 yang dinyatakan hilang atau masih dalam pencarian.

"Petugas menemukan 12 orang, di antaranya satu orang meninggal dunia dan satu sakit serta sepuluh orang selamat. Terus yang 12 orang dibawa ke Baharkam Polairud di Pondok Dayung bilang ada tiga orang penumpang lagi yang masih belum ditemukan karena jumlah penumpang sebetulnya 15 orang," terang Agung.

Kronologi

Kejadian bermula pada Sabtu 19 Agustus 2023 sekitar pukul 01.00 WIB. KM Dewi Noor 1 yang bertolak dari Pantai Mutiara menuju Pulau Sepa di Kepulauan Seribu Utara membawa 15 orang beserta material bangunan.

Sekitar pukul 03.30 WIB kapal dilaporkan mengalami kebocoran mesin pada bagian belakang saat tengah berlayar di titik koordinat 5°54'371" S - 106°42'100"E, tepatnya di antara timur Pulau Untung Jawa dan Pulau Pari.

Kebocoran itu membuat badan kapal perlahan-lahan masuk ke dalam air. Kondisi itu membuat ABK, kru dan penumpang yang jumlahnya sekitar 15 orang berusaha menyelamatkan diri ke luar dari kapal.

Beruntung, kejadian itu disaksikan oleh awak kapal tunda (tugboat) Mitra Jaya 21 yang sedang melintas. Sehingga awak kapal dan penumpang bisa langsung dievakuasi oleh tugboat tersebut ke dermaga Pondok Dayung.

Agung menambahkan pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebocoran mesin kapal tersebut.

Saat ini penyelidikan lebih lanjut sedang ditangani oleh petugas Subdirektorat Penegakan Hukum Direktorat Kepolisian Perairan Korps Kepolisian Perairan dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan Polri.

Data korban KM Dewi Noor 1

Korban selamat
1. Parman
2. Darto
3. Wahyudi
4. Satori
5. Riyanto
6. Tajudin
7. Wahyu
8. Jaka Nugraha
9. Zaenal
10. Suryana
11. Jayadi

Korban meninggal
1. Aan (47)

Korban hilang
1. Nedin
2. Rebek
3. Tanpa identitas


Baca juga artikel terkait KAPAL TENGGELAM atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: Antara
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight