tirto.id - Platform penggalangan dana kitabisa.com menyelenggarakan Hari Donasi Online Nasional (HARDOLNAS) untuk pertama kalinya, mulai dari 24 - 30 Mei 2019
HARDOLNAS melibatkan lebih dari 200 influencers, ratusan organisasi & komunitas sosial dan puluhan perusahaan.
“Sebagai Negara paling dermawan di Dunia versi World Giving Index, Indonesia sudah seharusnya punya momen bersama untuk merayakan kebaikan, dan kali ini bertepatan juga dengan bulan Ramadan” ujar Co-Founder & CEO Kitabisa.com, Alfatih Timur.
Khusus untuk HARDOLNAS, ada beberapa kampanye galang dana pilihan yang donasinya dilipatgandakan oleh beberapa perusahaan partner Kitabisa yang terlibat, seperti GO-JEK & Bukalapak.
“Jadi, kalau anda berdonasi sebesar 50.000 rupiah di campaign ada label “Digandakan”, donasi anda menjadi sebesar 100.000 rupiah,” ujar Alfatih.
Alfatih juga menjelaskan tren berbagi di Indonesia meningkat signifikan, yang menjadi alasan perhelatan HARDOLNAS diadakan.
“Sejak masuk Android & IOS, aplikasi Kitabisa sudah didownload lebih dari 100 ribu kali. Setiap harinya ada puluhan ribu donatur berdonasi di berbagai campaign sosial. Bahkan tidak sedikit yang donasi rutin setiap hari, umumnya di waktu-waktu subuh dan pagi hari” tambah Alfatih Timur.
Perhelatan HARDOLNAS yang digelar selama sepekan sejak tanggal 24 Mei 2019 ini juga diikuti oleh Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat.
Dikutip dari unggahan Instagramnya @ridwankamil, Gubernur Jawa Barat itu mengajak para followersnya untuk memperbanyak amal di Bulan Ramadan dengan cara mengulurkan donasi untuk pembangunan masjid besar Indonesia pertama di Gaza.
Kepada followersnya, Ridwan Kamil meminta agar orang-orang bisa semangat berdonasi di bulan suci ini melalui event #hardolnas.
Salah satu artis yang terlibat dalam HARDOLNAS ini adalah Andien Aisyah memberikan bantuan ke beberapa kampung pemulung dan panti jompo.
Editor: Maya Saputri