Pendidikan Agama Islam

Kisah Teladan Nabi Sulaiman As: Bersyukur karena Ilmu dan Kekuasaan

Kontributor: Beni Jo - 1 Apr 2021 06:30 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Keteladanan Nabi Sulaiman ditunjukkan dengan selalu bersyukur atas kekuasaan dan ilmu yang dimilikinya.
tirto.id - Salah satu kisah yang paling menonjol mengenai Nabi Sulaiman As ialah tentang ilmu dan kekuasaan yang dimiliki beliau.

Meskipun demikian, sang nabi tetap bersyukur terhadap anugerah yang diberikan Allah SWT tersebut.

Keteladanan Nabi Sulaiman


Maka, hal ini bisa menjadi teladan bagi umat manusia kala mendapatkan sebuah ilmu atau kekuasaan dalam kehidupannya.


Di dalam Al-Qur'an surah An Naml ayat 15, disebutkan bahwa:

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا دَاوٗدَ وَسُلَيْمٰنَ عِلْمًاۗ وَقَالَا الْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ فَضَّلَنَا عَلٰى كَثِيْرٍ مِّنْ عِبَادِهِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Artinya,"Dan sungguh, Kami telah memberikan ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya berkata, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hamba-Nya yang beriman."

Kemudian dilanjutkan pada ayat berikutnya:

وَوَرِثَ سُلَيْمٰنُ دَاوٗدَ وَقَالَ يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ عُلِّمْنَا مَنْطِقَ الطَّيْرِ وَاُوْتِيْنَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍۗ اِنَّ هٰذَا لَهُوَ الْفَضْلُ الْمُبِيْنُ

Artinya: "Dan Sulaiman telah mewarisi Daud, dan dia (Sulaiman) berkata, “Wahai manusia! Kami telah diajari bahasa burung dan kami diberi segala sesuatu. Sungguh, (semua) ini benar-benar karunia yang nyata".

Berdasarkan kutipan dua ayat di atas, dijelaskan jika Allah SWT memberikan ilmu terhadap Nabi Daud As dan Nabi Sulaiman As.

Usai mendapatkannya, mereka pun langsung bersyukur dengan memuji kebesaran Allah SWT sebagai Maha Pencipta.

Mukjizat Nabi Sulaiman


Kemudian, salah satu kelebihan khusus yang dimiliki Nabi Sulaiman As yakni dapat menjalin komunikasi dengan burung alias dapat mengerti bahasa burung.

Pada surah An Naml ayat 17, Allah SWT berfirman:

وَحُشِرَ لِسُلَيْمٰنَ جُنُوْدُهٗ مِنَ الْجِنِّ وَالْاِنْسِ وَالطَّيْرِ فَهُمْ يُوْزَعُوْنَ

Artinya: "Dan untuk Sulaiman dikumpulkan bala tentaranya dari jin, manusia dan burung, lalu mereka berbaris dengan tertib."

Ayat berikutnya menjelaskan tentang kebesaran yang dimiliki Nabi Sulaiman,"Hingga ketika mereka sampai di lembah semut, berkatalah seekor semut:

“Wahai semut-semut! Masuklah ke dalam sarang-sarangmu, agar kamu tidak diinjak oleh Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak menyadari".

Doa Nabi Sulaiman


Mendengar yang dikatakan oleh semut itu, Nabi Sulaiman As pun tertawa seraya berdoa:

"Ya Tuhanku, anugerahkanlah aku ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dan agar aku mengerjakan kebajikan yang Engkau ridai; dan masukkanlah aku dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang saleh".

Dikutip laman Suara Muhammadiyah melalui artikel dengan judul "Nabi Sulaiman AS (1) Nasab, Ilmu, dan Kekuasaan" karya Yunahar Ilyas, disebutkan bahwa Nabi Sulaiman As dalam memimpin sebagai seorang raja memang dibekali dengan ilmu dan kekuasaan.

Bahkan, ilmu dan kekuasaan tersebut mampu melebihi yang diberikan Allah SWT kepada sang bapak kandung, yakni Nabi Daud As.

Selain mampu berbicara dengan binatang, layaknya semut atau burung, Nabi Sulaiman pun juga tidak hanya menjadi pemimpin bagi manusia, namun pula bagi para jin, burung, serta angin.


Baca juga artikel terkait KISAH NABI SULAIMAN atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Pendidikan)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Dhita Koesno

DarkLight