Menuju konten utama
Otomotif

Keunggulan & Spesifikasi Motor BMW R18, Moge Seharga 1 Miliar

Harga motor gede (moge) BMW R18 diperkirakan sekitar 1 miliar rupiah.

Keunggulan & Spesifikasi Motor BMW R18, Moge Seharga 1 Miliar
Motor cruisser BMW R18 berkonsep klasik. FOTO/bmwmotorcycles.com

tirto.id - Motor gede BMW R18 menjadi perhatian publik sejak prototipenya terungkap. Nazril Irham alias Ariel "Noah" disebut-sebut sebagai pemilik pertama BMW R18 sekaligus brand ambassador moge super mahal yang harganya diperkirakan sekitar 1 miliar rupiah ini.

Selain mahal dan mewah, BMW R18 juga punya banyak keunggulan. Harga memang tidak bisa dibohongi. Berikut spesifikasi BMW R18 yang diulas di situs resminya, bmwmotorcycles.

R18 First Edition memadukan fitur kendaraan tradisional dengan satu set sistem elektronik yang dirancang khusus untuk membuat pengalaman berkendara lebih menarik. Moge ini merupakan penyempurna dari motor BMW yang pernah dibuat pada masa Perang Dunia Kedua, demikian diwartakan asphaltandrubber.

Pada masa itu, evolusi desain ini merupakan langkah maju yang cukup besar dalam mengurangi jumlah massa gerak pada sebuah mesin. Tentunya, menjadi elemen penting saat Anda membuat motor dengan piston berukuran 107,1 mm pada lubang bor.

Mengintip dari maha karya BMW, R18 dibuat dengan sistem suspensi motor dengan rangka tabung baja loop ganda yang dibuat dengan apik, membuat sepeda motor BMW kokoh dan stabil saat mengaspal.

Keunggulan dan Spesifikasi BMW R18

Bobotnya 110,5 kg (244 lbs), mesin (dengan gearbox dan intake) lebih ringan dari hampir semua kendaraan besutan BMW. Perusahaan otomotif ini memang sempat berjanji untuk memberikan nuansa roda dua yang "asli" bagi pengendara sepeda motor, yang belum pernah dicapai sebelumnya.

BMW memuji arsitektur modern yang digunakan untuk ruang bakar R18, kepala silinder empat katup, pengapian ganda, injeksi manifold intake. Sepeda silinder ganda OHV pertama yang dibuat oleh BMW.

Garpu depan 49 mm dibungkus dengan penutup garpu yang sesuai. Terdapat penahan guncangan belakang yang tersembunyi di dalam rangka, membuat berkendara menjadi lebih nyaman.

R18 juga memiliki roda dengan ujung jari-jari; 3,5 x 19 ”di depan, dan 5,0 x 16” di belakang. Pengaturan rem depan dilengkapi cakram kembar 300 mm, dan ada satu cakram 300 mm di belakang dengan jarak sumbu roda 1.731 mm.

Mesin motor dengan kapasitas 1.802 cc berdaya jelajah 91 hp (67 kW), bisa menghasilkan tenaga yang lebih kecil dari 110 hp (82 kW) R nineT.

Kecepatan tertinggi adalah 112 mph (180 kph). Demi keamanan bermotor saat Anda sudah melaju dengan kecepatan sangat tinggi, BMW juga melengkapi alat pengingat secara elektronik, saat berada di angka 0-62 mph dalam 4,8 detik.

Motor berpendingin udara dan oli menggunakan desain empat katup modern BMW, tetapi juga memiliki penggerak katup atas dengan dua poros bubungan per silinder.

Poros engkol memiliki bantalan tambahan di tengah, untuk membantu mengontrol getaran. Perlu juga dicatat, kotak udara, dan transmisi enam percepatan memiliki berat total 244 pound (110,8 kilogram).

Baca juga artikel terkait MOTOR GEDE atau tulisan lainnya dari Desika Pemita

tirto.id - Otomotif
Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Iswara N Raditya