Ketua Wantimpres Wiranto kepada WHO: Corona Itu Barang Apa Sih?

Oleh: Andrian Pratama Taher - 17 Februari 2020
Wiranto meminta penjelasan kepada WHO soal Corona. Penjelasan ini akan dipakai saat Wantimpres memberi saran kepada Presiden Joko Widodo.
tirto.id - Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) merasa perlu untuk mengetahui lebih detail soal seluk beluk Corona atau Covid-19. Untuk itu mereka menggelar pertemuan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) di Jakarta, Senin (17/2/2020).

"Kami mengundang bapak ibu sekalian agar kami mendapatkan penjelasan yang sejelas-jelasnya. Apa sih itu barang? Itu apa sih? Perkembangan penanganan pada level dunia itu seperti apa?" kata Ketua Wantimpres Wiranto dalam sambutan.

Turut hadir dalam rapat tersebut anggota Wantimpres Agung Laksono. Sementara perwakilan WHO yang hadir adalah Senior Advisor WHO South East Asia Regional Office Tjandra Yoga Aditama dan WHO Representative Indonesia N. Paranietharan.

Hasil pertemuan ini diharapkan dapat "digunakan sebagai bahan untuk menyusun hal-hal yang perlu kami sampaikan kepada presiden," kata Wiranto.

Menurutnya saran Wantimpres tetap penting meski sebenarnya pemerintah pun sudah melakukan banyak hal untuk mengantisipasi penyebaran Corona di Indonesia. Saran penting karena belum ada tanda-tanda virus itu berhenti menyebar.

"Saya mendengar di Cina sudah mulai mau selesai, [tapi] di negara lain baru mulai," kata Wiranto.

Hingga Senin (17/2/2020) pukul 09.53 WIB, menurut Johns Hopkins CSSE, Covid-19 telah menyebabkan 1.775 orang meninggal dunia. Sejauh ini belum ada Covid-19 di Indonesia, berbeda dengan negara tetangga seperti Australia dan Singapura.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Rio Apinino
DarkLight