Ketahui Perbedaan Video Teaser dan Trailer

Oleh: Siti Ninda Lestari - 21 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Teaser berarti iklan atau kumpulan gambar maupun video promosi.
tirto.id - Teaser dan trailer terlihat serupa meski sebenarnya kedua hal tersebut memiliki bentuk dan fungsinya masing-masing.

Meski sama-sama bertujuan untuk mengiklankan sesuatu, teaser dan trailer memiliki beberapa perbedaan, salah satunya durasi. Selain durasi, ada beberapa perbedaan lain dari teaser dan trailer, di antaranya

Teaser

Dilansir dari kamus Merriam-Webster, teaser berarti iklan atau kumpulan gambar maupun video promosi yang dimaksudkan untuk membangkitkan minat atau keingintahuan seseorang.

Teaser dibuat dengan tujuan untuk promosi dan mengulik rasa penasaran penonton dengan durasi yang singkat yaitu sekitar 30 detik hingga 1 menit.

Dilansir dari uscreen.tv, teaser tidak hanya terbatas untuk film semata, teaser juga bisa dibuat untuk mempromosikan video musik, kelas daring (online), kanal Roku dan Vimeo, atau lainnya.

Pada teaser, nama dan logo juga diletakkan di depan agar produk dapat melekat di benak penonton. Teaser atau yang dalam bahasa Indonesia disebut cuplikan pendek juga dimaksudkan untuk membuat intrik dan drama. Informasi mengenai produk biasanya diletakkan di akhir teaser.

Trailer

Dilansir dari kamus Merriam-Webster, trailer berarti sekelompok adegan yang ditampilkan untuk mengiklankan film. Trailer memiliki durasi yang lebih panjang daripada teaser. Trailer biasanya berdurasi 2 hingga 3 menit, atau bahkan lebih.

Trailer atau yang dalam bahasa Indonesia disebut cuplikan, juga memuat informasi yang lebih komplit daripada teaser.

Sebagai contoh, trailer film memuat informasi mengenai rumah produksi, sutradara, hingga bintang yang bermain dalam film tersebut. Trailer juga memuat kronologi atau alur film secara singkat dan padat.

Selain itu, trailer dalam film biasanya disertai tanggal perilisan film di bagian akhir trailer. Tujuannya agar penonton menonton film tersebut. Dalam dunia marketing, ini disebut dengan CTA (Call to Action).

Teaser Trailer

Selain teaser dan trailer, pada era kwari, umum ditemui teaser trailer. Dilansir dari The Verge, trailer film dimulai dengan iklan selama lima detik untuk diri mereka sendiri. Iklan yang dimaksud adalah teaser.

Teaser menjadi bagian awal pembuka trailer sebelum masuk ke trailer film itu sendiri yang akan diakhiri dengan jadwal rilis film. The Verge menganalisis bahwa hal tersebut dilakukan untuk menarik perhatian pemirsa.

Apapun bentuknya, baik teaser, trailer, maupun teaser trailer bertujuan untuk mempromosikan produk. Mulai dari produk lagu, produk film, hingga produk kanal TV.

Perbedaan antara ketiganya adalah durasi dan isi konten teaser, trailer, dan teaser trailer itu sendiri.


Baca juga artikel terkait TRAILER atau tulisan menarik lainnya Siti Ninda Lestari
(tirto.id - Film)

Kontributor: Siti Ninda Lestari
Penulis: Siti Ninda Lestari
Editor: Nur Hidayah Perwitasari
DarkLight