Ketahui 5 Urutan Pakai Skincare Pagi Hari yang Benar, Manfaatnya

Kontributor: Erika Erilia, tirto.id - 22 Nov 2022 12:47 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Produk yang digunakan antara skincare pagi dan malam berbeda. Saat pagi hari, Anda butuh perlindungan ekstra karena ada paparan polusi dan sinar matahari.
tirto.id - Skincare wajah tak hanya berguna untuk menjaga kesehatan kulit, tapi juga menunjang penampilan seseorang.

Merawat kulit wajah pun tak bisa sembarangan dan harus mengikuti urutan yang tepat demi mendapat hasil yang maksimal.

Skincare atau perawatan kulit, khususnya pada bagian wajah, terbagi menjadi dua, yaitu rutinitas skincare pagi dan malam. Produk yang digunakan antara skincare pagi dan malam pun berbeda.

Saat pagi hari, Anda membutuhkan perlindungan ekstra karena adanya paparan polusi dan sinar matahari.

Sementara di malam hari, kulit wajah akan 'beristirahat' sekaligus memperbaiki diri saat Anda tertidur lelap. Itulah kenapa ada beberapa produk skincare yang justru lebih baik digunakan saat malam hari karena bisa bekerja lebih maksimal.

Urutan skincare pagi yang benar



Guna mendapatkan kulit yang sehat, ada beberapa produk yang wajib digunakan saat pagi hari. Berikut adalah urutan perawatan wajah dengan produk skincare yang benar:

1. Facial wash

Selama tidur, debu atau kotoran dari sprei maupun sarung bantal bisa menempel di wajah. Selain itu, kulit juga bisa memproduksi minyak berlebih sehingga wajah terlihat berminyak saat bangun tidur.

Guna menghilangkan sisa kotoran maupun minyak di pagi hari, disarankan untuk cuci muka dengan facial wash atau sabun pembersih muka. Pilihlah produk yang ringan dan tidak menimbulkan sensasi kulit seperti ditarik.

Melansir laman Healthline, cuci muka di pagi hari juga bisa hanya dengan menggunakan air agar kulit tidak kehilangan banyak minyak dan tidak terlalu kering. Namun hal ini hanya berlaku bagi Anda yang sudah melakukan cleansing atau pembersihan wajah secara maksimal di malam hari.

Agar lebih bersih, Anda juga bisa menggunakan konjac sponge saat membersihkan wajah. Konjac sponge sendiri adalah spons organik yang terbuat dari bahan alami (akar konjac) yang sudah banyak dijual bebas di pasaran.

2. Toner

Toner digunakan sebagai dasar atau pondasi sebelum Anda memakai produk skincare lainnya. Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH, menyegarkan kulit wajah, dan juga agar kulit bisa menyerap produk skincare lain dengan lebih mudah.

Toner yang direkomendasikan adalah toner yang mengandung sedikit minyak esensial yang bagus untuk kulit. Gunakan toner dengan kapas atau menggunakan telapak tangan dan hindari area sensitif seperti sekitar mata.

3. Serum

Serum merupakan jenis skincare yang mengandung bahan aktif dalam konsentrasi yang cukup tinggi. Jenis serum sendiri sangat beragam, kandungan bahan aktifnya pun berbeda dan memang dibuat untuk mengatasi permasalahan kulit tertentu.

Ada serum yang bertujuan untuk mencerahkan, meratakan kulit wajah, menghilangkan tanda-tanda penuaan dini, ada pula yang berfungsi membuat kulit menjadi lebih lembut dan kenyal. Apapun jenisnya, pilihlah serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda.

4. Pelembab wajah

Kulit wajah yang sehat harus terhidrasi dengan baik dan salah satu caranya adalah dengan memakai pelembab wajah atau moisturizer.

Pelembab penting digunakan untuk menguatkan skin barrier wajah sekaligus menjaga elastisitas kulit. Pelembab yang dijual di pasaran saat ini biasanya juga dibekali dengan sejumlah manfaat lain, mulai dari mencerahkan kulit hingga melindungi wajah dari sinar UV.

Lalu, apakah kulit yang berminyak tetap butuh pelembab? Jawabannya, iya. Mengutip dari Very Well Health, kulit yang berminyak bukan berarti lembab, karena berminyak dan terhidrasi adalah dua hal yang berbeda.

Kulit memproduksi minyak berlebih justru karena kurang terhidrasi dengan baik. Kulit yang terlalu kering akan merangsang produksi minyak secara berlebihan untuk membentuk pelindung atau skin barrier.

Namun minyak yang berlebih ini bisa jadi masalah karena akan menyumbat pori dan menimbulkan jerawat.

Jadi, kulit berminyak tetap wajib memakai moisturizer untuk menjaga kelembaban kulit dan mengontrol produksi minyak di wajah.

5. Sunscreen

Produk terakhir dan wajib dipakai yang masuk dalam rangkaian skincare pagi adalah sunscreen atau tabir surya. Produk ini bertugas melindungi wajah dari paparan sinar ultraviolet yang dapat merusak kulit.

Pastikan memilih sunscreen yang dapat melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB. Selain itu, direkomendasikan untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight