tirto.id - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menambah perjalanan Kereta Cepat Whoosh dari sebelumnya 40 perjalanan per hari menjadi 52 perjalanan per hari saat periode mudik lebaran 2024.
General Manager Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa, mengatakan KCIC menetapkan masa angkutan lebaran 2024 sejak 3–18 April 2024. Pada periode tersebut, pihaknya akan mengoperasikan sebanyak 40 perjalanan Whoosh reguler dan 12 perjalanan tambahan.
"Jumlah ini merupakan rekor tersendiri bagi KCIC, di mana sebelumnya jumlah perjalanan tertinggi per harinya hanya sebanyak 48 perjalanan. Peningkatan jumlah perjalanan ini merupakan antisipasi KCIC terhadap potensi lonjakan penumpang yang kerap terjadi seperti pada periode libur panjang sebelumnya," kata Eva dalam keterangannya, dikutip Kamis (4/4/2024).
Secara rinci, total sebanyak 52 perjalanan per hari atau hingga 31 ribu tempat duduk yang disediakan oleh KCIC untuk melayani penumpang di masa libur lebaran.
Melalui penambahan jadwal perjalanan, waktu tunggu Whoosh di jam sibuk mencapai hingga 25 menit. Whoosh akan beroperasi mulai dari 06.40 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Halim–Tegalluar.
Kemudian, pukul 05.50 WIB sampai pukul 20.30 WIB untuk relasi Tegalluar–Halim. Langkah tersebut dilakukan agar para penumpang bisa memiliki lebih banyak opsi untuk memilih jadwal perjalanan yang sesuai dengan kebutuhannya.
Lebih lanjut, penambahan jadwal perjalanan Whoosh juga diimbangi dengan penambahan jadwal perjalanan Kereta Feeder oleh KAI menuju Bandung dan Cimahi. Selain itu, KCIC juga telah berkoordinasi dengan seluruh operator intermoda lainnya untuk memenuhi kebutuhan angkutan lanjutan para penumpang dari Stasiun Whoosh ke berbagai destinasi lainnya.
Tersedia layanan mulai dari LRT Jabodebek, Commuter Line, Bus TransJakarta, Bus Trans Metro Pasundan, Bus menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, shuttle, dan taksi yang siap melayani seluruh penumpang Whoosh.
Eva menjelaskan, berdasarkan pantauan sampai dengan saat ini, tanggal yang menjadi favorit masyarakat adalah mulai keberangkatan H-5 Lebaran atau tanggal 5 April dan seterusnya. Tiket yang sudah terjual pada tanggal dan jam favorit sudah mencapai di atas 80 persen. Jumlah tersebut masih akan terus berubah sehubungan penjualan tiket yang masih berlangsung.
“Kami ingin memberikan segala yang bisa kami berikan untuk meningkatkan pelayanan kepada penumpang. Di tengah tingginya mobilitas masyarakat selama periode libur lebaran ini, berbagai layanan tambahan diharapkan bisa membuat perjalanan penumpang semakin nyaman," tutup Eva.
Dalam masa angkutan Lebaran ini, KCIC tetap menerapkan skema tarif dinamis untuk kelas Premium Economy. Penumpang sudah bisa melakukan pemesanan tiket di saluran resmi yang tersedia seperti aplikasi Whoosh, situs ticket.kcic.co.id, Ticket Vending Machine, dan Loket resmi di stasiun serta aplikasi mitra seperti Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.
Sebagai peningkatan pelayanan KCIC akan menghadirkan layanan takjil gratis bagi penumpang pada jadwal tertentu, meluncurkan layanan passenger service mobile di tiap stasiun, bazaar dan tenan baru di stasiun-stasiun, serta sistem refund dan reschedule online yang sudah dinanti-nantikan masyarakat.
Penulis: Faesal Mubarok
Editor: Intan Umbari Prihatin