Menuju konten utama

Kenapa SPayLater Tidak Bisa Digunakan? Penyebab & Cara Atasinya

Jika SPayLater tidak bisa digunakan untuk transaksi, jangan panik dulu. Simak beberapa langkah mudah untuk mengatasi permasalahan tersebut di artikel ini.

Kenapa SPayLater Tidak Bisa Digunakan? Penyebab & Cara Atasinya
Ilustrasi Belanja Online. foto/istockphoto

tirto.id - Kenapa SPayLater tidak bisa digunakan untuk transaksi? Pertanyaan tersebut biasanya muncul ketika ingin menggunakan metode pembayaran SPayLater dan ternyata tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan pembayaran. SPayLater ini memang merupakan salah satu metode pembayaran populer di e-commerce Shopee.

SPayLater adalah metode pembayaran digital yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi online dan melakukan pembayarannya nanti di kemudian hari. Metode ini juga memungkinkan pengguna untuk membeli barang dengan sistem kredit atau cicilan dengan tenor tertentu.

Layanan SPayLater ini berbeda cara kerjanya dengan SPinjam. SPaylater disediakan oleh PT Commerce Finance dan sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Untuk mengaktifkan SPayLater ini, pengguna harus mendaftar dan menyetorkan beberapa dokumen yang diperlukan, seperti KTP, foto diri, dan lain sebagainya.

Belanja online di Indonesia meningkat

Warga menggunakan ponsel untuk berbelanja secara daring di salah satu situs belanja. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym.

Kenapa SPayLater Tidak Bisa Digunakan?

Terkadang SPayLater ini tidak dapat digunakan untuk pembayaran dan hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab kenapa SPayLater tidak bisa digunakan:

Ada Data yang Tidak Sesuai

Salah satu penyebab kenapa SPayLater tidak dapat digunakan adalah ada data pengguna yang mungkin tidak sesuai. Ini biasanya terkait data pribadi pengguna yang digunakan saat mengajukan pendaftaran SPayLater.

Untuk mengajukan SPayLater, biasanya pengguna diminta mengunggah KTP dan mengisi data pribadi seperti NIK, alamat, nomor telepon, tanggal lahir, nomor darurat, dan sebagainya. Ketika data ini tidak sesuai, Shopee berhak menonaktifkan SPayLater dan pengguna tidak dapat memakai metode pembayaran tersebut.

Akun Dibekukan

Penyebab lain mengapa akun SPayLater tidak dapat digunakan adalah akun dibekukan. Shopee dapat sewaktu-waktu membekukan akun SPayLater jika terjadi pelanggaran atau kondisi tertentu. Berikut ini tiga alasan mengapa akun SPayLater dapat dibekukan:

  • Penyalahgunaan layanan: Salah satu penyebab akun SPayLater dibekukan adalah penyalahgunaan layanan. Hal ini dapat dipicu oleh aktivitas mencurigakan secara sengaja yang bisa menimbulkan risiko keamanan. Ini merupakan tindakan preventif dari pihak Shopee untuk mengurangi risiko penipuan.
  • Pelunasan tagihan: Jika pengguna terlambat atau sengaja tidak membayar tagihan, maka Shopee dapat membekukan akun SPayLater.
  • Masalah verifikasi data: Jika ditemukan data pengguna yang tidak sesuai atau masih perlu verifikasi lebih lanjut, Shopee dapat membekukan sementara akun SPayLater sampai permasalahan data selesai.

Produk Tidak Memenuhi Syarat SPayLater

Akun tidak dibekukan, tapi kenapa SPayLater tidak bisa digunakan untuk membayar? Jika akun tidak bermasalah, mungkin barang yang dibeli tidak memenuhi syarat menggunakan metode pembayaran SPayLater.

Berdasarkan informasi dari halaman help Shopee, produk yang termasuk dalam kategori e-voucher, emas, dan uang elektronik tidak dapat menggunakan Shopee PayLater.

Selain kategori produk di atas, beberapa produk dari toko tertentu juga tidak memenuhi syarat untuk menggunakan metode pembayaran SPayLater. Solusinya, pengguna dapat memilih metode pembayaran lain.

Keterlambatan Pembayaran

Keterlambatan pembayaran atau gagal bayar tidak hanya dapat berpotensi terkena denda, tetapi juga dapat membuat metode SPayLater tidak dapat digunakan untuk membayar.

Oleh karena itu, pengguna harus melakukan pembayaran tagihan SPayLater tepat waktu agar terhindar dari denda dan tetap dapat menggunakan metode pembayaran ini pada transaksi berikutnya.

Promosi potongan harga Harbolnas
Warga menunjukan promosi potongan harga Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) di aplikasi belanja daring. ANTARA FOTO/ Erlangga Bregas Prakoso/sgd/YU

Cara Mengatasi SPayLater Tidak Bisa Digunakan

Jika SPayLater tidak dapat digunakan, pengguna tidak perlu khawatir. Langkah pertama adalah mengidentifikasi terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab akun SPayLater tidak dapat digunakan.

Setelah itu, lakukan beberapa cara mengatasi SPayLater tidak bisa digunakan berikut ini sesuai dengan penyebabnya:

Hubungi Customer Service

Jika SPayLater tidak dapat digunakan atau dibekukan tanpa tahu alasannya, pengguna dapat langsung menghubungi tim Customer Service SPayLater melalui telepon di (021) 8060 4253 atau melalui email ke customerservice@support.cmf.co.id.

Berikan penjelasan yang detail mengenai kronologi yang dialami. Customer service akan menjelaskan penyebab akun SPayLater tidak dapat digunakan dan solusinya.

Selesaikan Pembayaran Tagihan

Ketika SPayLater tidak dapat digunakan karena pengguna telat membayar tagihan, maka solusinya adalah membayar tagihan tersebut. Jika terlambat membayar, biasanya dikenakan denda.

Lakukan pembayaran tagihan berikut dendanya agar dapat menggunakan kembali SPayLater.

Lengkapi Dokumen yang Dibutuhkan

Bila penyebab kenapa SPayLater tidak dapat digunakan adalah masalah data, maka pengguna perlu segera melengkapinya. Siapkan data yang diminta oleh penyedia layanan untuk kemudian dilakukan proses validasi.

Setelah semua data lengkap dan benar, maka akun SPayLater akan pulih dan dapat digunakan kembali untuk pembayaran.

Demikian uraian kenapa SPayLater tidak dapat digunakan untuk bertransaksi. Semoga penjelasan di atas dapat menjadi referensi pengguna agar dapat menggunakan SPayLater dengan bijak dan menghindari penyebab akun dibekukan.

Baca juga artikel terkait SHOPEE atau tulisan lainnya dari Ditya Pandu Akhmadi

tirto.id - Byte
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Lucia Dianawuri