Menuju konten utama

Kenapa Email Tidak Masuk Inbox? Ini Penyebab dan Solusinya

Email tidak masuk inbox bisa menjadi masalah serius, terutama jika pesan itu penting dan perlu segera ditindaklanjuti. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Kenapa Email Tidak Masuk Inbox? Ini Penyebab dan Solusinya
Ilustrasi email tidak masuk ke inbox. (FOTO/iStockphoto)

tirto.id - Surel (email) yang tidak masuk ke inbox bisa menjadi masalah serius, terutama jika pesan tersebut bersifat penting atau memiliki lampiran mendesak untuk dibuka. Lantas, kenapa email tidak masuk padahal sudah sukses dikirimkan?

Kejadian email tidak bisa masuk terbilang jarang. Namun, bila sedang terjadi, sebaiknya segera ditemukan jalan keluarnya. Masalah ini dapat dialami oleh email dari domain mana pun, termasuk Gmail, Yahoo Mail, serta email perusahaan.

Pada Gmail, masalah bisa muncul jika aplikasi tidak diperbarui. Namun, pada domain email lain, pemicunya mungkin lain lagi. Hanya saja, ada beberapa penyebab secara umum email tidak masuk.

6 Penyebab Email Tidak Masuk Inbox

Alasan kenapa email tidak masuk bisa berbeda-beda. Berikut adalah penjelasan beberapa penyebab email tidak masuk.

1. Domain penyedia surel mengalami down di server

Server down merupakan masalah yang berada di luar kendali pengguna. Penyedia layanan bisa jadi sedang melakukan perbaikan atau maintenance. Anda bisa memeriksa status server dengan membuka domain email terkait untuk melihat apakah server aktif atau sedang down.

2. Sinkronisasi surel tidak lancar

Pengguna email di smartphone membutuhkan sinkronisasi perangkat dengan server. Sebagai misal, pada HP Android, pengguna perlu melakukan sinkronisasi akun Google pada aplikasi Gmail. Jika sinkronisasi dimatikan, email tidak bisa masuk ke inbox.

3. Email masuk menjadi spam

Sistem surel kadang mengidentifikasi pesan sebagai spam dan langsung mengarahkan ke folder spam. Pesan-pesan ini tidak akan muncul di inbox, kecuali dipindahkan secara manual.

4. Kapasitas penyimpanan email penuh

Setiap akun email memiliki kapasitas penyimpanan tertentu yang terbatas, sesuai kebijakan penyedia layanan. Jika sudah penuh, email baru tidak bisa diterima. Hal ini sering menjadi penyebab email tidak masuk inbox, terutama di layanan gratis dengan kapasitas terbatas.

5. Surel terhapus tanpa disengaja

Adakalanya pengguna kurang cermat saat mendapatkan pesan baru. Ia menghapusnya karena disangka hanya email sampah. Hal ini kemudian tampak seolah-olah email tidak bisa masuk inbox.

6. Pemblokiran oleh sistem keamanan

Sistem email, terutama perusahaan, kadang menerapkan pemblokiran otomatis terhadap email tertentu karena dianggap mencurigakan. Email juga bisa ditolak jika berasal dari domain atau IP (Internet Protocol) yang diblokir.

8 Cara Mengatasi Email Tidak Masuk Inbox

Email yang gagal masuk inbox perlu dicari jalan keluarnya. Alamat email utama biasanya diperlukan untuk menampung pesan-pesan penting. Jika hal ini terjadi, berikut cara mengatasi email yang tidak bisa masuk.

1. Cek pesan di kotak spam

Kadang pesan yang dikirim ke email tidak masuk ke inbox. Sebaliknya, sistem email justru meneruskannya ke kotak spam. Jika email tidak bisa masuk, coba cek kotak spam terlebih dahulu, lalu pindahkan pesan ke inbox secara manual.

2. Cari email yang masuk lewat kotak pencarian

Setiap aplikasi penyedia email memiliki kotak pencarian untuk menemukan pesan secara detail. Saat email tidak bisa masuk, ketikkan kata kunci terkait dengan judul atau isi pesan yang dikirimkan.

3. Perbarui aplikasi email di HP

Di perangkat smartphone, masalah email sering kali terjadi karena aplikasi belum diperbarui. Gmail tidak bisa menerima pesan bisa disebabkan oleh versi aplikasi yang usang. Lakukan pembaruan untuk memastikan aplikasi berfungsi normal.

4. Periksa kotak sampah

Alasan kenapa email tidak masuk inbox bisa jadi karena tidak sengaja terhapus. Oleh karena itu, kemungkinan pesan masih tersimpan di kotak atau folder sampah (trash).

Untuk memulihkannya, klik pada menu kotak sampah dan periksa pesan-pesan di sana untuk memastikan. Pesan di kotak sampah umumnya akan dihapus permanen hingga 30 hari.

5. Aktifkan sinkronisasi

Masih pada fitur Gmail atau email lain di HP, aktifkan tombol sinkronisasi agar segala hal terkait dengan aktivitas email bisa berlangsung. Semua aplikasi email di HP akan aktif setelah sinkronisasi dilakukan.

6. Hapus email yang sudah tidak diperlukan

Kapasitas email yang kepenuhan memerlukan ruang kosong agar email baru dapat masuk. Untuk itu, cara mengatasi email yang tidak bisa masuk adalah dengan menghapus pesan yang sudah tidak diperlukan.

7. Minta pengirim meneruskan pesan lewat media lain

Satu-satunya cara mengatasi email tidak masuk yang terus-menerus adalah dengan menggunakan alternatif media. Minta pengirim untuk mengirimkan pesan melalui media lain, seperti WhatsApp atau layanan pesan instan lainnya. Ini memastikan pesan tetap sampai meskipun email tidak bisa masuk.

8. Periksa filter dan pengaturan email

Jika Gmail tidak bisa menerima pesan, mungkin ada yang salah dengan pengaturannya. Untuk itu, cek apakah ada filter atau aturan otomatis di email yang memindahkan pesan tertentu ke folder lain selain inbox. Nonaktifkan filter yang tidak relevan untuk memastikan pesan penting masuk ke tempat yang benar.

Baca juga artikel terkait TIPS TEKNOLOGI atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Byte
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Fadli Nasrudin