Kenali 5 Manfaat Minyak Bunga Kamboja Bagi Kesehatan

Oleh: Cornelia Agata Wiji Setianingrum - 7 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal 5 manfaat minyak bunga kamboja bagi kesehatan, dari antioksidan hingga kurangi stres.
tirto.id - Bunga kamboja kerap diolah menjadi minyak esensial dengan segudang manfaat bagi kesehatan. Tanaman ini secara global dikenal sebagai frangipani, sementara nama ilmiahnya adalah Plumeria.

Bunga Kamboja merupakan genus yang berisi 7 hingga 8 spesies yang tumbuh di Amerika tropis dan subtropis. Tumbuhan ini terdiri dari pohon dan semak belukar.

Bunga Kamboja umumnya tumbuh di daerah belukar pesisir dan hutan kapur pada ketinggian rendah dan naik ke daerah pegunungan yang lebih rendah

Gnius Plumeria atau Kamboja Rubra tumbuh di Amerika Tengah, Meksiko, dan Venezuela yang menghasilkan bunga mulai dari kuning, putih hingga merah muda.

Dari Amerika Tengah dan Meksiko, ia menyebar ke seluruh wilayah tropis di dunia, khususnya Hawaii, tempat ia tumbuh berlimpah.

Pohon bunga ini bisa tumbuh antara 2 hingga 8 meter dengan diameter lebar yang sama antara satu pohon dengan yang lainnya.

Dengan hiasan daun berwarna hijau yang panjangnya sekitar 30 sampai 50 cm dengan ujung cabang sebagai pusat pertumbuhan daunnya.

Bunga Kamboja akan mengalami musim gugur di mana pun dia tumbuh pada periode waktu di musim dingin.

Bunganya menonjol, yang memiliki lima kelopak berdiameter 5 hingga 7,5 cm tidak memiliki biji namun menghasilkan aroma yang sangat harum.

Aroma harum yang berasal dari kelopaknya ini lah yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan dengan cara mengekstrak kelopak bunga menjadi minyak bunga kamboja.

Adapun kegunaan ekstrak bunga kamboja bagi kesehatan antara lain :

1. Kesehatan Kulit

Minyak yang dihasilkan dari ekstrak kelopak kamboja ini berperan sebagai zat yang dapat digunakan untuk melembabkan kulit , menghindarkan kulit kering dan pecah-pecah, dalam terapi pijat.

Minyak ini bermanfaat untuk merawat kondisi kulit sehingga disarankan bagi orang yang menderita masalah kulit untuk menambahkan minyak esensial ini ke rutinitas reguler.

Minyak ini mengandung sifat astringen yang menyebabkan kontraksi sel kulit serta jaringan tubuh.

2. Meredakan Sakit Kepala

Bagi Anda penderita sakit kepala dengan intensitas yang berat, Anda dapat menggunakan minyak esensial Frangipani.

Hal tersebut dikarenakan minyak esensial Frangipani memiliki sifat anti-inflamasi yang beguna untuk membantu mengobati sakit kepala yang ekstrem serta rasa sakit lainnya seperti nyeri otot dan sakit punggung.

3. Dijadikan Sebagai Stimulan

Minyak esensial Frangipani bertindak sebagai stimulan yang membantu menjaga kondisi kesehatan sistem peredaran darah, saraf dan lainnya.

4. Antioksidan

Antioksidan yang masuk dalam tubuh kita akan membantu menghilangkan radikal bebas dari tubuh dan menurunkan penyakit yang menyebabkan kuman menjauh dari tubuh.

Kandungan antioksidan juga bisa diperoleh dari minyak esensial Frangipani yang berperan sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu fungsi kesehatan tubuh.

5. Menurunkan Stres

Keharuman yang berasal dari ekstrak bunga kamboja akan membantu Anda mengurangi stres dalam tubuh dan juga memulihkan kedamaian.

Kandungan efek sedatif pada bunga ini lah yang dapat membuat Anda tidur dengan nyenyak dan membuat Anda dapat menenangkan pikiran juga memberikan kelegaan dari stres.

Manfaat bunga kamboja bukan hanya dapat dimanfaatkan apabila sudah di ekstrak menjadi minyak saja, namun menggunakan bunga kamboja secara langsung juga dapat memberi manfaat bagi tubuh, seperti dapat digunakan sebagai teh, obat diare, obat gatal-gatal, obat rematik, dan juga dapat digunakan sebagai pilihan sayuran yang akan Anda masak.


Baca juga artikel terkait BUNGA KAMBOJA atau tulisan menarik lainnya Cornelia Agata Wiji Setianingrum
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight