Kenali 10 Step Skincare Routine Korea: Cuci Muka hingga Sheet Mask

Oleh: Desika Pemita - 7 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Mengenal 10 tahap skincare routine ala Korea: cuci muka hingga sheet mask.
tirto.id - Produk perawatan wajah dan tubuh atau skincare asal negeri ginseng Korea Selatan banyak diburu. Baik perempuan maupun laki-laki mulai mengikuti perawatan ala Korea yang dinilai sangat lengkap demi kesehatan dan kecantikan kulit wajah, mulai dari pembersih wajah hingga penggunaan serum.

Perawatan kecantikan ala Korea juga dianggap bisa mengurangi penuaan. Diwartakan Cosmopolitan, Vicky Lee, bolgger gaya hidup Korea mengakui kelebihan perawatan ala Korea.

Menurutnya, meski berusia 40 tahun, dia justru terlihat seperti perempuan berusia 25 tahun-an. Semua itu berkat perawatan ala Korea yang dilakukannya selama beberapa tahun belakangan.

Berikut ini 10 langkah perawatan kecantikan ala Korea:

1. Cuci muka dengan air

Cuci wajah dengan air setiap pagi, tanpa menggunakan cleanser. Air yang mengenai wajah di pagi hari bisa meremajakan dan menghidrasi kulit wajah. Mencuci muka tanpa cleanser ini bisa dilakukan asal sebelum tidur, Anda sudah membersihkan wajah, rambut, dan kondisi sarung bantal dalam keadaan bersih.

2. Gunakan pembersih

Untuk malam hari, sebelum cuci muka, jangan lupa gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit atau lakukan double cleansing. Bersihkan wajah dengan cleansing balm, micellar water, cleansing oil, yang menyesuaikan kondisi kulit.

3. Exfoliate

Gunakan produk eksfoliasi untuk mengangkat kulit mati. Kulit menjadi tampak lebih sehat dan lebih muda. Exfoliate merupakan produk paling penting dalam perawatan rutin kecantikan Korea.

4. Toner

Toner bisa mengangkat sisa tata rias atau sabun wajah yang belum terangkat secara sempurna. Selain itu, menyeimbangkan pH di kulit wajah, serta melembabkan dan melembutkan.

5. Essence

Essence Korea dikemas dari hidran cair ringan, dengan perpaduan bahan-bahan yang menghidrasi, anti-penuaan, dan meningkatkan keremajaan kulit. Disarankan agar produk ini diterapkan setelah pembersihan. Sebelum menerapkan pelembab.

6. Ampoule

Mirip dengan serum, ampoule sebenarnya terdiri dari sejumlah bahan aktif yang lebih tinggi untuk masalah perawatan kulit tertentu. Produk ini digunakan untuk sebagai penguat ketika kulit Anda sangat membutuhkan bantuan ekstra.

7. Serum

Serum dikemas dengan bahan-bahan khusus yang menargetkan masalah kulit tertentu, seperti kulit berminyak, garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan, atau hiperpigmentasi. Perawatan ini dirancang untuk langsung mengobati area pada masalah kulit.

8. Eye cream

Jika memiliki garis halus pada mata, bisa menggunakan eyecream. Di area ini juga perlu perawatan khusus karena kulit paling tipis karena tidak ada kelenjar sebaceous untuk menghasilkan minyak alami. Jadi penting untuk menjaga area ini tetap terhidrasi dan terlindungi sepanjang hari. Cara menggunakannya, oleskan dari sudut dalam ke luar mata.

9. Moisturizer

Pelembab adalah bagian penting untuk perawatan kulit ala Korea karena menjaga kelembaban kulit untuk waktu yang lama. Ketika digunakan setiap hari, pelembab dapat memiliki dampak besar pada tampilan kulit Anda. Salah satunya, jadi tampak lebih bersinar atau glowing.

10. Sunscreen

Kulit perempuan Korea tampak glowing karena rajin mengaplikasikan sunscreen yang mengandung SPF (Sun Protection Factor). Selain itu, mencegah penuaan dini dan kanker kulit. Tabir surya menjadi rangkaian terakhir yang dapat melindungi kulit.

11. Sheet Mask

Sheet mask merupakan tambahan dalam perawatan kulit yang ampuh. Saat menggunakannya, bahan dari sheet mask menyerap ke dalam kulit, juga membuat efek rileks.


Baca juga artikel terkait SKINCARE atau tulisan menarik lainnya Desika Pemita
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Desika Pemita
Penulis: Desika Pemita
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight