Kemensos Salurkan BLT Minyak Goreng Rp19,3 Miliar di Kepulauan Riau

Reporter: Riyan Setiawan - 20 Mei 2022 11:00 WIB
Dibaca Normal 1 menit
BLT Minyak Goreng senilai Rp19,3 miliar disalurkan untuk 64.354 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kepulauan Riau.
tirto.id - Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng di Kepulauan Riau (Kepri) senilai Rp19,3 miliar untuk 64.354 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Mereka tersebar di tujuh daerah yakni Kebupaten Bintan, Kebupaten Karimun, Kabupaten Kepulauan Anambas, Kota Batam, Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Lingga, dan Kabupaten Natuna.

BLT Minyak Goreng disalurkan usai Idulfitri lantaran lokasi penyaluran merupakan daerah 3T (terluar, terpencil, dan tertinggal). Kemensos menggandeng PT Pos Indonesia dalam penyaluran BLT Minyak Goreng.

“Penyaluran BLT Minyak Goreng masih berlangsung di kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Selain karena alasan termasuk daerah 3T yakni terluar, juga karena KPM banyak yang mudik lebaran pak. Mereka baru balik sekarang ini,” kata Executive Manager Kantor Pos Tanjung Pinang, Eko Pradinata, Jumat (20/5/2022).

Kantor Pos Tanjung Pinang terus mendorong penyaluran BLT Minyak Goreng untuk KPM yang belum mencairkan bantuannya. Eko menyatakan, penyaluran bantuan di kawasan terluar seperti Tanjung Pinang terkendala tantangan alam.

“Di Tanjung Pinang, daerah yang cukup menantang adalah Natuna. Kami menggunakan kapal untuk menjangkau lokasi salur bansos. Pelayaran dari Tanjung Pinang ke Natuna membutuhkan waktu 14 hari, sekali jalan,” ucapnya.

Bila cuaca tidak bersahabat, perjalanan dipastikan tertunda. “Karena kapal tidak berani berlayar. Tentu saja waktunya menjadi lebih lama dari 14 hari,” kata Eko.

Terkait dengan Hari Imunisasi Nasional kemarin, Kemensos juga menyalurkan bantuan selain BLT Minyak Goreng. Kemensos melalui Sentra Abiseka menyerahkan bantuan pemenuhan kebutuhan nutrisi tambahan nutrisi.

“Jenisnya berupa beras, telur, makanan tambahan lainnya ada susu,” kata Kepala Sentra Abiseka, Agus Hasyim Ibrahim.

Total bantuan disalurkan sebanyak 97 paket untuk para penerima manfaat sesuai usulan dari Dinas Sosial Kota Tanjung Pinang.

Agus Hasyim berharap bantuan dapat dimanfaatkan masyarakat di tengah suasana yang mungkin belum sepenuhnya pulih akibat pandemi Covid-19.


Baca juga artikel terkait BLT MINYAK GORENG 2022 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight