Pandemi COVID-19

Kemenkoperek Benarkan Airlangga Pernah Positif COVID-19 di 2020

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 19 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kemenkoperek akhirnya membenarkan Airlangga Hartarto sempat terinfeksi COVID-19 pada 2020, padahal selama ini menutupinya.
tirto.id - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenkoperek) membenarkan Airlangga Hartarto sempat terinfeksi COVID-19 pada 2020. Konfirmasi ini diberikan setelah Airlangga yang menjabat menko mengikuti donor plasma konvalesen, Senin (18/1/2021) yang notabene hanya bisa diikuti jika seseorang sudah pernah terkonfirmasi positif COVID-19 dan sembuh.

“Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sempat terdeteksi positif COVID-19 di 2020 lalu. Dan saat itu, sudah diterapkan 3T (testing, tracing dan treatment) secara optimal,” ucap Jubir Kemenko Perekonomian, Alia Karenina dalam keterangan tertulis yang diterima reporter Tirto, Selasa (19/1/2021).

“Sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan berkah kesehatan, sembuh dari Covid-19, maka Beliau mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien Covid-19 lain,” tambah Alia.

Sayangnya informasi ini baru disampaikan oleh Kemenko Perekonomian, Alia Karenina. Sementara itu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto belum memberi pengakuan apa pun mengenai status positif COVID-19 yang pernah ia derita.

Konfirmasi status positif Airlangga juga baru dikirimkan selang lebih dari 2 bulan. Sebelumnya reporter Tirto telah berupaya menghubungi Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso, tetapi tak kunjung memperoleh tanggapan.

Pertanyaan pertama tentang keadaan Airlangga sudah pernah disampaikan pada 16 November 2020 lalu dan ditanyakan kembali pada 5 Desember 2020. Terakhir Tirto juga sempat meminta konfirmasi serupa pada 18 Januari 2021, tetapi tak kunjung dijawab.

Sama halnya dengan Juru Bicara Kemenko Perekonomian Alia Karenina. Ketika dihubungi pada 16 November 2020 dan 5 Desember 2020, Alia juga tak kunjung merespons panggilan telepon maupun pertanyaan tertulis.



Baca juga artikel terkait AIRLANGGA HARTARTO atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Abdul Aziz
DarkLight