Kecelakaan Bus Transjakarta Hari Ini: 3 Meninggal, 30 Orang Luka

Reporter: Riyan Setiawan, Adi Briantika - 25 Okt 2021 12:22 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Dua armada Transjakarta yang mengalami kecelakaan yaitu milik operator Bianglala Metropolitan dengan nomor body BMP 211 dan BMP 240.
tirto.id - Direktur Opreasional PT Transjakarta Prasetia Budi mengatakan korban tabrakan dua armada di sekitar wilayah Gatot Subroto, Jakarta Selatan saat ini telah dilarikan ke rumah sakit terdekat untuk dilakukan pertolongan lebih lanjut.

Transjakarta melalui keterangan tertulisnya mengatakan terdapat korban meninggal, tapi tak disebut secara rinci. Akan tetapi, berdasarkan keterangan Polda Metro Jaya, informasi awal ada 30 orang luka dan 3 korban meninggal.

Adapun dua armada Transjakarta yang mengalami kecelakaan yaitu milik operator Bianglala Metropolitan dengan nomor body BMP 211 dan BMP 240.

“Dalam proses penanganan di lapangan, kami berkoordinasi langsung dengan pihak Polda Metro Jaya. Petugas kami terus mendampi korban, baik dari proses evakuasi hingga penanganan di rumah sakit dan memastikan mereka mendapatkan pelayanan terbaik,” kata dia, Senin (25/10/2021).

Sementara akibat kejadian tersebut, kedua armada mengalami kerusahan berat seperti yakni kaca depan pecah, body depan dan belakang bus yang hancur, dan kaca samping bus yang pecah.

“Kedua armada sudah diamankan dari lokasi. Jalur juga sudah langsung dibersihkan oleh petugas kami sehingga sudah bisa dilintasi armada bus dan sudah bisa melayani pelanggan secara normal kembali,” ucapnya.

Lebih lanjut, Prasetia menyampaikan ucapan belasungkawa untuk para korban dalam insiden tersebut. Saat ini Transjakarta tengah menunggu proses investigasi yang dilakukan oleh pihak yang berwajib. Dalam hal ini, Transjakarta siap support dan membantu kelancaran pada setiap proses investigasi yang dilakukan secara kooperatif.

“Saya mewakili seluruh managemen dan keluarga besar PT Transportasi Jakarta mengucapkan rasa belasungkawa sebesar-besarnya dan mendoakan agar para korban bisa lekas pulih serta diberi ketabahan untuk keluarga korban yang meninggal,” tuturnya.

Korban Meninggal dan Luka-Luka

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menyebut tiga orang tewas dalam musibah tabrakan dua bus TransJakarta di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur.

"Saat ini kami masih terus mendata, informasi awal ada 30 luka, dan tiga orang meninggal dunia, tapi sampai saat ini masih kita data, berapa luka berat, berapa luka ringan," kata Sambodo Purnomo Yogo di lokasi, seperti dikutip Antara, Senin (25/10/2021).

Sambodo mengatakan korban meninggal dunia merupakan dua orang penumpang dan satu pengemudi bus TransJakarta yang sempat terjepit di belakang kemudi. Berita sebelumnya menyebutkan sopir mengalami luka.

"Korban tewas ada penumpang dan sopir, satu orang meninggal dunia di TKP itu adalah sopir kendaraan yang menabrak dari belakang," ujar Sambodo.

Sambodo menambahkan korban tewas saat ini telah dibawa ke RS Polri Kramat Jati. Sedangkan korban luka berat dan ringan juga sudah dirawat di beberapa rumah sakit terdekat.

Lebih lanjut, Sambodo mengatakan saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kecelakaan yang menimpa dua bus TransJakarta pada pukul sekitar 08.45 WIB tersebut.

"Saat ini tentu kita masih dalam penyelidikan, tapi informasi awal kecelakaan ini melibatkan dua kendaraan TransJakarta, yang satu sedang ngetem, kemudian satu lagi kendaraan menabrak dari belakang kendaraan yang sedang di halte tersebut," ujar Sambodo.

Catatan:

Naskah ini mengalami perbaikan atau update per Senin, 25 Oktober 2021 pukul 13.50 WIB. Sebab, polisi meralat jumlah korban meninggal dari 3 orang menjadi 2 orang sejam kemudian. Sementara korban luka-luka menjadi 37 orang.

"Dua meninggal, satu sopir (dan) satu penumpang," ujar Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Argo Wiyono, Senin (25/10/2021). Para korban tewas dievakuasi ke RS Polri Kramat Jati, sementara 37 korban luka dilarikan ke RS Budhi Asih.



Baca juga artikel terkait BUS TRANSJAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Riyan Setiawan & Adi Briantika
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Abdul Aziz

DarkLight