Kartu Ucapan Valentine Beragam Desain: Cara Membuatnya dengan Canva

Kontributor: Maria Ulfa, tirto.id - 10 Feb 2022 22:15 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kartu ucapan Valentine mudah dibuat dengan Canva secara gratis dalam beragam desain. Bagaimana caranya? Temukan panduan dan penjelasannya di sini.
tirto.id - Kartu ucapan Valentine beragam desain bisa dibuat dengan memanfaatkan platform Canva baik lewat website maupun aplikasi di smartphone.

Canva adalah aplikasi pembuat desain yang terbilang sangat mudah digunakan. Aplikasi tersebut juga menyediakan pilihan desain sangat beragam, baik untuk diunggah di sosial media, jadi materi promosi outdoor, kartu nama, logo, hingga kartu ucapan hari raya.

Menggunakan Canva juga gratis. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayar layanan aplikasi Canva, terutama di menu-menu utama.


Namun, ada pula layanan Canva yang berbayar, seperti di penggunaan gambar atau ikon tertentu, hingga untuk membuka fitur khusus semisal penyimpanan dengan latar belakang transparan.

Jika memutuskan untuk mendapatkan semua fiturnya, akun pengguna dapat ditingkatkan menjadi Canva Pro. Sistem pembayaran dapat dilakukan per orang atau per grup setiap bulan atau bahkan setiap setahun sekali. Harga paketan dimulai dari 12,99 dolar AS (sekitar Rp181 ribu).

Website Canva dapat diakses lewat www.canva.com. Sementara, untuk aplikasi di ponsel pintar dapat langsung mengunduhnya melalui PlayStore untuk OS Android dan App Store di OS iOS.


Cara Buat Kartu Ucapan Valentine Beragam Desain


Dengan Canva, orang dapat membuat kartu ucapan digital yang bisa diunggah di sosial media atau dikirim via Whatsapp maupun aplikasi percakapan lainnya.

Ada berbagai cara untuk membuat kartu ucapan Hari Valentine memakai Canva. Namun Anda bisa melakukannya dengan cara yang mudah.

Silakan akses laman Canva desain kartu Valentine lewat tautan berikut ini. Sementara, untuk membuat kartu ucapan Valentine, ikuti langkah-langkah berikut ini:


  1. Buka Canva baik di aplikasi, web, atau mobile web, lalu log in ke akun yang telah terdaftar. Jika belum memiliki akun, silakan mendaftar terlebih dulu menggunakan akun Google, Facebook, atau Apple.
  2. Pilih template kartu Valentine yang diinginkan. Jika ingin lebih personal, dapat pula memasukkan foto keluarga atau aksi saat liburan.
  3. Jelajahi fitur yang disediakan. Fitur ini dapat diseret-lepas untuk memindahkan foto, gambar, ikon, stiker, dan elemen lain menuju halaman desain.
  4. Lakukan perubahan sesuai keinginan.
  5. Agar kartu Valentine lebih unik, desain dapat diubah sesuai suasana hati dan minat Anda. Ada pula fitur animasi yang bisa membuat tampilan makin menarik bagi penerima.
  6. Simpan dan bagikan. Apabila sudah selesai mendesain, lakukan penyimpanan gambar.
  7. Kirimkan desain yang sudah selesai kepada orang-orang tersayang Anda.
  8. Dapat pula desain dicetak dengan resolusi tinggi menggunakan Canva Paint.


Contoh Ucapan Valentine untuk Pasangan


Ucapan Valentine biasanya dikirimkan ke pasangan, entah itu pacar, suami, istri, ataupun orang terdekat, macam sahabat termasuk keluarga.

Kartu ucapan Valentine pun juga dapat diselipkan pada kado atau hadiah yang dikirimkan kepada pasangan. Berikut beberapa contoh ucapan yang bisa digunakan, sebagaimana dikutip dari India Today:

  • Happy Valentine's Day! My favourite place in the world is right next to you. (Selamat Hari Valentine, tempat yang paling ku sukai di dunia ini adalah berada di dekatmu).
  • Whenever I feel like giving up, your love keeps me going. Happy Valentines' Day! (Setiap aku merasa akan menyerah, kamu selalu ada untuk menyemangati. Selamat Hari Valentine!).
  • And when you smile, the whole world stops and stares for a while, 'cause you're amazing, just the way you are. Happy Valentines' Day! (Ketika kamu tersenyum, seluruh dunia berhenti dan menatap untuk sesaat, karena kamu luar biasa, seperti kamu apa adanya. Selamat Valentine!)
  • I never believed in luck until I met you. Happy Valentine's day 2021! (Aku tidak pernah percaya pada keberuntungan, sampai aku bertemu denganmu. Selamat Hari Valentine!).
  • I met you. I liked you. I love you. Now, I'm keeping you. Happy Valentines' Day! (Aku bertemu kamu. Aku menyukaimu. Aku mencintaimu. Selamat Hari Valentine!).
  • Your arms are my heaven. I want to spend my whole life next to you. Happy Valentines' Day my darling! (Lenganmu adalah surgaku. Aku ingin menghabiskan waktu seumur hidup bersamamu. Selamat Hari Valentine, sayang!).
  • I fell in love with you because of all the small things you don't even realize you're doing. Happy Valentines' Day! (Aku jatuh cinta padamu karena hal-hal kecil yang tak kamu sadari kamu lakukan. Selamat Valentine!).
  • I want to stay with you forever like this. Happy Valentine's Day 2021! (Aku ingin seperti ini terus bersamamu selamanya. Selamat Hari Valentine 2021!).
  • You are the apple to my pie, the sunshine of my life. Happy Valentines' Day! (Kamu adalah apel untuk kue pie ku. Cahaya yang menerangi hidupku. Selamat Hari Valentine!).


Baca juga artikel terkait VALENTINE atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Maria Ulfa
Penulis: Maria Ulfa
Editor: Addi M Idhom
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight