Apa yang Dilakukan di Hari Valentine dan Cara Merayakannya?

Kontributor: Dinda Silviana Dewi - 9 Feb 2022 21:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Apa yang dilakukan di hari Valentine dan cara merayakan Hari Kasih Sayang bersama pasangan? Bagaimana jika sedang jomblo? Simak sejumlah tips berikut ini.
tirto.id - Apa yang dilakukan di Hari Valentine dan bagaimana cara merayakan Hari Kasih Sayang? Mungkin pertanyaan ini muncul dalam benak Anda, terutama mereka yang baru pertama kali merayakannya bersama pasangan.

Hari Valentine atau Hari Kasih Sayang diperingati setiap tanggal 14 Februari. Biasanya, hari tersebut akan dirayakan dengan berbagai macam cara.

Pada masa pandemi seperti saat ini, Hari Kasih Sayang mungkin tidak bisa dirayakan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Valentine kali ini mungkin ada yang tidak bisa berjumpa orang terkasih, tidak bisa berkumpul bersama keluarga, dan hanya bisa merayakannya dari jauh.


Apa yang Dilakukan di Hari Valentine?


Di Amerika Serikat, total biaya pengeluaran untuk merayakan Hari Valentine tahun 2019 tidak main-main, yakni mencapai 20,7 miliar dolar AS, demikian menurut National Retail Foundation, seperti dilansir Cosmopolitan.

Banyak orang di negara itu menghabiskan dana dengan makan malam mewah, membeli perhiasan hingga memberi kejutan untuk pasangannya.

Untuk diketahui, setiap orang di Amerika Serikat rata-rata menghabiskan dana sekitar 93,17 juta dolar AS untuk hal tersebut.

Namun, tidak masalah jika Anda sedang melajang atau memiliki pasangan. Hari Valentine menjadi hari yang sayang untuk dilewatkan.

Ada begitu banyak hal yang dapat dilakukan untuk merayakan hari kasih sayang ini.


Cara Merayakan Valentine Bagi yang Sedang Jomblo


Valentine biasanya dirayakan oleh orang yang memiliki pasangan. Bagaimana dengan yang tidak memiliki pasangan? Dikutip dari Stvalentinesday, berikut enam rekomendasi bagi seorang jomlo dalam merayakan Valentine:

1. Manjakan diri

Hari Valentine dipakai untuk memanjakan diri, belilah barang yang sudah lama diinginkan, manjakan diri di tempat perawatan tubuh, makan makanan yang enak, dan pergi ke tempat yang ingin dikunjungi.

2. Habiskan waktu bersama teman

Jika pasangan menghabiskan waktu bersama, seorang jomlo juga bisa menghabiskan waktu bersama temannya. Buat rencana makan malam bersama, nonton film yang disukai, atau bisa juga membuat pesta untuk para jomlo di rumah.

3. Berbagi kasih

Hari Kasih Sayang tentunya harus membagikan kasih. Bagikan kasih dengan pergi ke panti jompo, panti asuhan, penjara, atau bisa juga sekadar membagikan bunga mawar di rumah sakit, atau bagikan kasih kepada siapa saja yang membutuhkan.

4. Nyatakan terima kasih

Merayakan hari kasih sayang bisa dimulai dengan area sekeliling. Nyatakanlah terima kasih atau ungkapkanlah kasih sayang terhadap keluarga, teman, kolega, tetangga atau siapa pun orang terdekat.

5. Berpikir positif

Mulailah untuk berpikir bahwa tidak memiliki pasangan bukanlah menjadi suatu masalah.

6. Fokus merencanakan hubungan

Cobalah mengisi Hari Kasih Sayang dengan fokus persiapkan diri untuk hubungan sehat dan tahan lama yang nantinya akan dijalani. Buat target diri sendiri dan jika perlu, ikuti situs pencarian jodoh.


Cara Merayakan Hari Valentine bersama Pasangan


Jika Anda bosan dengan rutinitas hari kasih sayang yang tidak pernah berubah, berikut adalah beberapa ide untuk melakukannya dengan cara yang berbeda, seperti dilansir Marie Claire:

1. Api unggun

Membuat api unggun bisa jadi ide menarik untuk dilakukan, terlebih jika Anda hidup di pinggiran kota atau dekat dengan pantai. Anda bisa melakukannya berdua dengan pasangan, atau berkumpul bersama teman-teman dengan memakan camilan dan bertukar cerita.

2. Membuat truffle cokelat

Usahakan tidak membeli di toko, buatlah cokelat untuk pasangan atau teman-teman Anda dan berikan di hari kasih sayang. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mendaftar untuk kelas dalam pembuatan cokelat.

3. Kelas melukis

Cara unik untuk menjalin ikatan dengan pasangan atau teman Anda adalah dengan mengambil kelas melukis bersama-sama. Anda dapat saling melukiskan satu buah lukisan untuk satu sama lain dan menebaknya apa artinya. Anda akan memiliki kenang-kenangan untuk dibawa pulang.

4. Kelas dansa

Anda dapat mengikuti kelas tari, bermain klub salsa, atau menonton musik live yang membuat Anda ingin mengikuti alur.

5. Bermain seluncur es

Bermain seluncur es bisa jadi pilihan untuk dilakukan. Selain seru, melakukan ini dapat menjadi kenangan lucu bagi Anda dan pasangan. Wahana seluncur es di Indonesia dapat ditemukan di mal-mal besar atau wahana permainan. Setelah bermain seluncur es, Anda dapat menikmati beberapa minuman di kafe favorit dan menghabiskan waktu dengan berbagi cerita.

6. Pergi ke tempat favorit

Pilihlah beberapa tempat yang menjadi favorit Anda atau pasangan. Lakukan perjalanan ke sana dan ceritakan mengapa tempat tersebut jadi kenangan. Anda dapat menghidupkan kembali momen-momen penting, menciptakan kembali aktivitas favorit, atau sekadar bersantai karena tahu Anda sedang membuat kenangan baru bersama orang terkasih.

7. Makan malam dan nonton film favorit

Menyaksikan film romantis komedi bisa lebih memuaskan bila ditemani sepiring besar makanan spesial buatan sendiri.

8. Berbelanja

Ajak pasangan Anda berbelanja barang lucu untuk kemudian diberikan satu sama lain.

9. Karaoke

Pergilah ke tempat karaoke bersama pasangan Anda, teman, atau bahkan sendiri. Rayakan hari kasih sayang dengan menyanyikan lagu-lagu favorit Anda.

10. Menonton pertunjukkan komedi

Menonton pertunjukkan komedi bisa jadi menyenangkan. Selain menghibur, pertunjukkan komedi dapat memberikan kenangan lucu bersama pasangan.


Baca juga artikel terkait VALENTINES DAY atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Alexander Haryanto
Penyelaras: Ibnu Azis
DarkLight