Kapolri: Sinergitas TNI-Polri Lebih Kuat Demi Indonesia Emas 2045

Reporter: Adi Briantika - 24 Jun 2022 10:56 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kapolri mengingatkan agar TNI dan Polri terus mengawasi situasi dinamika lingkungan strategis tingkat global, nasional, dan regional.
tirto.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan penguatan sinergitas TNI dan Polri menjadi salah satu kunci utama menyukseskan dan mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

Pernyataan Sigit itu disampaikan saat menjadi salah satu pembicara pada kegiatan Apel Komandan Satuan TNI AD di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Kamis 23 Juni 2022.

"Harapan saya, sinergitas TNI dan Polri yang selama ini terbangun terus bisa dijaga sehingga dapat mengawal kebijakan pemerintah serta mampu menghadapi ancaman, tantangan dan gangguan kamtibmas dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045," ujar Sigit via keterangan tertulis, Jumat (24/6/2022).

Perihal mewujudkan Indonesia Emas, Sigit mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo telah menuangkan tujuh impian Indonesia periode 2015-2085. Kebijakan Pemerintah saat ini mengarah untuk melaksanakan peta tujuan tersebut.

"Ini semua bisa terwujud apabila stabilitas kamtibmas, kedaulatan negara, soliditas TNI dan Polri terjaga dengan baik. Namun kalau tidak, jangan pernah mimpi mewujudkan visi ini. Sehingga kami bisa melihat kembali ada tujuan besar yang harus kita kawal sebagai pilar utama bangsa," kata Sigit.

Sigit menyinggung soal pesan Presiden Joko Widodo dalam Rapim TNI dan Polri beberapa waktu lalu. Kala itu presiden mengingatkan untuk menjaga cita-cita mewujudkan Indonesia menjadi negara produksi bukan konsumsi.

Sigit juga mengingatkan agar TNI dan Polri terus mengawasi situasi dinamika lingkungan strategis tingkat global, nasional, dan regional seperti pandemi COVID-19 , perang Ukraina dan Rusia, kemunculan kelompok terorisme, masalah soal kedaulatan, Pemilu serentak dua tahun mendatang, cum mengawal pembangunan Ibu Kota Nusantara dan dinamika dalam negeri lainnya.




Baca juga artikel terkait TNI-POLRI atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Hukum)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Bayu Septianto

DarkLight