Kapolri Minta Kapolda-Kapolres Amankan Seluruh Tahapan Pemilu

Reporter: Muhammad Naufal, tirto.id - 1 Nov 2023 12:58 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap seluruh jajarannya bisa mengawal pemilu dengan baik.
tirto.id - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumpulkan Kapolda hingga Kapolres se-Indonesia untuk apel pengamanan dalam rangka Pemilihan Umum 2024 di Hotel The Ritz Carlton Jakarta, Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Dia berharap seluruh jajarannya bisa mengawal pemilu dengan baik.

"Untuk mempersiapkan personel Polri, baik yang di pusat maupun yang di daerah, untuk bisa mengawal dan melaksanakan tahapan Pemilu [2024] yang sudah berjalan, betul-betul bisa berjalan dengan baik," kata Listyo.

Dalam kesempatan itu, Listyo menyinggung soal upaya kepolisian dalam menjaga jalannya Pemilu 2024. Mulai dari menangkap puluhan tersangka kasus terorisme selama Oktober 2023.

Selain menangkap puluhan tersangka kasus terorisme, kepolisian juga menjaga ketat sel-sel di penjara maupun rutan yang diisi oleh tahanan maupun teroris.

Dia pun yakin pihaknya tetap akan menindaklanjuti jika para pihak yang sudah ditahan terindikasi kembali melakukan aksi terorisme.

"Apabila ada tanda-tanda yang berdampak akan mengganggu apakah itu tahapan, apakah itu proses pembangunan atau hal-hal lain, ya kami segera mengambil langkah," kata Listyo.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti oleh 569 orang peserta yang terdiri dari 27 orang pejabat utama Mabes Polri, 34 orang Kapolda dan 508 orang Kapolres. Apel Kasatwil 2023 dilaksanakan dengan Tema ‘Penguatan Kepemimpinan Polri yang Presisi guna mengamankan Tahapan Pemilu dan Agenda Nasional 2024 dalam rangka mewujudkan Indonesia Maju‘.

Kegiatan apel ini merupakan ajang untuk mempersiapkan personil dalam mengawal dan melaksanakan tahapan Pemilu 2024 yang saat ini sedang berjalan.




Baca juga artikel terkait PEMILU 2024 atau tulisan menarik lainnya Muhammad Naufal
(tirto.id - Politik)

Reporter: Muhammad Naufal
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight