Kapolda dan Gubernur DKI Pantau Arus Mudik di Tol dengan Helikopter

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 1 Juni 2019
Anies mengungkapkan hasil pantauannya melalui udara lalu lintas di Tol Cikampek padat namun lancar.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono melakukan pemantauan arus mudik di daerah Cikampek menggunakan helikopter.

Anies mengungkapkan hasil pantauannya melalui udara tersebut saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (1/6/2019). "Menyusuri Jalan Tol Cikampek, kemudian juga Jalan Tol Jagorawi dan melihat di sana. Alhamdullilah kondisi lalu lintasnya lancar, bergerak memang padat," katanya.

Namun untuk Tol Jagorawi dari hasil pantauannya sudah nampak lenggang dari kendaraan. Hal ini terjadi karena memang warga Jakarta sudah mulai mudik meninggalkan Jakarta.

"Jadi kami segera memastikan bahwa semua pemudik yang akan pulang pelayanan dari pemerintah berjalan baik," tambahnya.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya menyampaikan dari hasil pemantauannya tidak ada titik-titik kepadatan kendaraan yang sampai membuat macet total dan membuat kendaraan tidak bisa bergerak.

"Tadi kami bertiga melihat ada [atau] tidak titik-titik kemacetan lalu lintas yang menimbulkan stuck. Ternyata tidak ada. Semua berjalan agak melambat, wajar, kan tadi ada contraflow juga," kata Gatot.

Untuk itu ia berharap agar kondisi tersebut dapat bertahan, sehingga masyarakat bisa kembali dengan aman ke kampung halaman masing-masing dengan lancar.

Pada hari yang sama, Anies dan Gatot juga telah memantau keadaan Terminal Kampung Rambutan, serta Pelabuhan Tanjung Priok untuk melihat aktivitas pelayanan dan pergerakan para pemudik.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Irwan Syambudi
DarkLight