Kapan Ulang Tahun Google yang Jadi Doodle Hari Ini: Sejarah Penemu

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 27 September 2021
Dibaca Normal 1 menit
Kapan ulang tahun Google yang jadi Doodle hari ini dan bagaimana sejarahnya?
tirto.id - Hari ulang tahun Google jadi Google Doodle hari ini, Senin (27/9/2021). Kapan ulang tahun Google dan bagaimana sejarah penemuannya?

Google lahir dari pertemuan kebetulan antara dua ilmuwan komputer yang akhirnya mengubah kehidupan jutaan orang.

Pada 1997, Sergey Brin, seorang mahasiswa pascasarjana di Universitas Stanford, bertemu Larry Page, yang sedang mempertimbangkan Stanford untuk sekolah pascasarjana.

Pada tahun berikutnya, dua pendiri Google ini membangun mesin pencari bersama di kamar asrama dan mengembangkan prototipe pertama mereka. Pada tahun 1998, perusahaan Google Inc. resmi lahir.

Dilansir Hindustan Times, secara teknis, Google didirikan pada 4 September 1998. Google selama tujuh tahun pertama, merayakan ulang tahun kelahirannya pada tanggal tersebut.

Kemudian, perusahaan memutuskan untuk menggeser perayaan ulang tahun Google ke 27 September bertepatan dengan pengumuman rekor jumlah halaman yang diindeks oleh mesin pencari ini.

Sejarah Doodle sendiri berawal dari tahun 1998, sebulan sebelum Google didirikan. Doodle pertama adalah acara "Burning Man" yang sudah berjalan lama di Black Rock City, Nevada.

Didirikan bersama oleh Sergey Brin dan Larry Page, Google saat ini adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan secara global.

CEO saat ini adalah Sundar Pichai, yang menggantikan Page pada 24 Oktober 2015. Sementara itu, Page mengambil alih posisi yang sama di Alphabet Inc. Pada 3 Desember 2019, Pichai juga menjadi CEO Alphabet.

Alphabet Inc dibuat pada 2 Oktober 2015 melalui restrukturisasi Google dan kemudian menjadi perusahaan induknya dan juga mantan anak perusahaannya.

Setiap hari, ada miliaran pencarian di Google dalam lebih dari 150 bahasa di seluruh dunia, dan meskipun banyak yang telah berubah dari masa-masa awal Google, dari server pertamanya ke server saat ini, misai Google tetap sama untuk membuat informasi dunia dapat diakses oleh semua orang.

Menurut Britannica, lebih dari 70 persen permintaan pencarian online di seluruh dunia ditangani oleh Google, menempatkannya di jantung sebagian besar pengguna Internet. Kantor pusatnya berada di Mountain View, California.

Google dimulai sebagai perusahaan pencarian online, tetapi sekarang menawarkan lebih dari 50 layanan dan produk Internet, mulai dari email dan pembuatan dokumen online hingga perangkat lunak untuk ponsel dan komputer tablet.

Selain itu, akuisisi Motorola Mobility 2012 menempatkannya pada posisi menjual perangkat keras dalam bentuk ponsel. Portofolio dan ukuran produk Google yang luas menjadikannya salah satu dari empat perusahaan berpengaruh teratas di pasar teknologi tinggi, bersama dengan Apple, IBM, dan Microsoft.

Terlepas dari segudang produk, mensin pencarian tetap menjadi inti kesuksesannya. Pada 2016 Alphabet memperoleh hampir semua pendapatannya dari iklan Google berdasarkan permintaan pencarian pengguna.

Selamat Ulang Tahun Google!


Baca juga artikel terkait GOOGLE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight