Kampanye Perdana Pilpres: Anies di Jakarta, Cak Imin di Surabaya

Reporter: Muhammad Naufal, tirto.id - 27 Nov 2023 15:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Anies mengaku akan berkampanye mulai dari DKI Jakarta. Sementara itu, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin akan berkampanye mulai dari Surabaya, Jawa Timur.
tirto.id - Pasangan calon presiden-calon wakil presiden (capres-cawapres), Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar akan melakukan kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 pertama di dua lokasi yang berbeda.

Anies mengaku akan berkampanye mulai dari DKI Jakarta. Sementara itu, Muhaimin alias Cak Imin akan berkampanye mulai dari Surabaya, Jawa Timur.

"Kami dari Jakarta, nanti Gus Imin dari Surabaya," kata Anies di Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyebutkan, ia sengaja kampanye di dua lokasi yang berbeda dengan cawapresnya. Menurut Anies, strategi ini dilakukan agar jangkauan mereka kepada masyarakat lebih luas.

Anies meminta agar tak ada pertikaian antar-warga saat kampanye Pilpres 2024 dimulai. Ia menegaskan, suasana damai harus tercipta saat kampanye dimulai.

"Kan supaya lebih banyak yang bisa kami jangkau. Nanti mulai hari-hari ke depan, Cak Imin jalan menjangkau banyak masyarakat, saya juga menjangkau masyarakat. Kalau semuanya bareng, nanti yang bisa terjangkau sedikit," urai dia.

"Yuk kita jaga terus kedamaian. Kedamaian itu tidak ditandai dengan tiadanya konflik, kedamaian ditandai dengan rasa keadilan," lanjut Anies.

Diketahui, tiga paslon capres-cawapres akan kampanye mulai 28 November 2023-10 Februari 2024. Kampanye dilakukan selama 75 hari. Kemudian, pencoblosan capres-cawapres akan berlangsung pada 14 Februari 2024.

Sebelumnya, tiga pasangan capres-capres peserta Pilpres 2024 resmi menandatangani Deklarasi Kampanye Damai, Tertib, dan Taat Hukum.

Penandatanganan itu dilakukan dalam Rapat Koordinasi Nasional Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Senin (27/11/2023).

Pantauan reporter Tirto di lokasi, pasangan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memulai penandatanganan deklarasi kampanye damai. Pasangan ini kompak mengenakan setelan jas berwarna hitam.

Disusul capres dan cawapres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yang kompak mengenakan kemeja berwarna biru langit.

Terakhir, pasangan capres dan cawapres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD menandatangani deklarasi kampanye damai, tertib, dan taat hukum.


Baca juga artikel terkait CAWAPRES MUHAIMIN ISKANDAR atau tulisan menarik lainnya Muhammad Naufal
(tirto.id - Politik)

Reporter: Muhammad Naufal
Penulis: Muhammad Naufal
Editor: Reja Hidayat

DarkLight