Kalau Puan Jadi Ketua DPR, Cak Imin: Wanita Pertama di Indonesia

Oleh: Haris Prabowo - 13 Mei 2019
Seandainya Puan Maharani benar-benar menjadi Ketua DPR, kata Imin, maka ia akan menjadi perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI.
tirto.id - Wakil Ketua MPR RI Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Cak Imin, merespons munculnya isu nama politikus PDIP Puan Maharani yang akan menjadi Ketua DPR RI. Cak Imin menilai, Puan sangat cocok menjabat di posisi itu.

"Cocok, cocok sekali. Mbak Puan sangat layak jadi Ketua DPR," kata Cak Imin saat ditemui sesaat setelah buka puasa bersama di rumah Ketua DPR Bambang Soesatyo, Senin (13/5/2019) malam.

Seandainya Puan benar-benar menjadi Ketua DPR, kata dia, maka anak Presiden Megawati itu akan menjadi perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI.

"Mbak Puan mungkin akan membuka sejarah perempuan pertama yang menjadi ketua DPR RI dalam sejarah," kata Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Cak Imin bahkan optimistis untuk menempatkan kader perempuan dalam posisi Wakil Ketua DPR RI di periode mendatang. "Ya pasti. Pasti. Kita tunggu perkembangan," katanya.

Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Ahmad Basarah menilai kandidat paling kuat menjadi Ketua DPR dari partai berlogo kepala banteng itu adalah Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

Kepada wartawan, Ahmad menyampaikan, selain berpengalaman sebagai Menteri Koordinator Bidang PMK, Puan juga menjabat sebagai Ketua Fraksi PDIP periode 2009-2014. Selama tiga periode, Puan juga tak pernah absen sebagai pengurus partai.

"Puan Maharani memang kader PDIP yang paling berpeluang untuk menjadi Ketua DPR RI. Sesuai ketentuan UU MD3, parpol pemenang pileg 2019 berhak menugaskan kadernya untuk menjadi Ketua DPR RI," kata Ahmad, Senin (13/5/2019).


Baca juga artikel terkait DPR RI atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight