Kalah Menurut Survei Median, TKN: Jokowi-Ma'ruf Menang di Medsos

Oleh: Adi Briantika - 9 Desember 2018
Erick Thohir berpendapat Jokowi-Ma'ruf menang di media sosial, terutama Twitter.
tirto.id - Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Erick Thohir mengatakan pasangan nomor urut 01 itu sudah menang di media sosial.

Hal ini diungkapkan Erick menanggapi hasil survei Media Survei Nasional (Median) pada akhir November lalu yang mencatat elektabilitas Jokowi-Ma'ruf kalah dibandingkan dengan Prabowo-Sandiaga.

“Secara sosial media kami sudah menang. Di Twitter kami bisa lihat banyak sekali trending topic tentang kami, lalu hashtag tentang #01jokowilagi sudah udah lebih besar dari #2019GantiPresiden,” kata dia di Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (9/12/2018).

Untuk Instagram dan Facebook, lanjut Erick, pihaknya sedang memantau dua media sosial tersebut. Ia yakin pada Januari mendatang elektabilitas Jokowi-Ma'ruf meningkat serta memiliki strategi khusus untuk menambah keterpilihan pasangan tersebut.

Ia juga akan menyinkronkan TKN dengan Tim Kampanye Daerah (TKD) untuk dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf. “Ini realitas yang kami coba lakukan bersama,” jelas Erick.


Hasil survei Median menyebutkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf di kalangan pengguna Facebook sebesar 42,4 persen, lebih rendah dibandingkan suara Prabowo-Sandiaga sebesar 42,9 persen. Sementara 14,7 persen responden belum menentukan pilihan.

Di Twitter, elektabilitas Prabowo-Sandiaga sebesar 59,2 persen, serta Jokowi-Ma'ruf sebesar 29,5 persen dan 11,3 persen responden belum menentukan pilihan.

Di Instagram, Prabowo-Sandiaga memperoleh 48,9 persen sedangkan Jokowi-Ma'ruf 39,1 persen dan responden yang belum menentukan pilihan ada 12 persen.

Survei Median dilakukan pada 4-16 November 2018 dengan melibatkan 1.200 responden di Indonesia. Pemilihan responden yakni secara acak atau multistage random sampling. Tingkat kesalahan (margin of error) sebesar +/- 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Politik)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Dipna Videlia Putsanra