Menuju konten utama

KAI Daop 1 telah Jual 159.411 Tiket Jelang Periode Nataru

Kapasitas KA yang disediakan untuk periode Nataru mendatang totalnya mencapai 579.999 kursi.

KAI Daop 1 telah Jual 159.411 Tiket Jelang Periode Nataru
Sejumlah warga menunggu datangnya KRL Commuterline di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (11/9/2024). ANTARA FOTO/Reno Esnir/app/nym.

tirto.id - Sebanyak 159.411 tiket kereta api (KA) periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) telah terjual per Senin (25/11/2024). Jumlah itu setara dengan 27,5 persen dari total kapasitas KA yang tersedia.

Seturut Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, kapasitas KA yang disediakan untuk periode Nataru mendatang totalnya mencapai 579.999 kursi.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta telah membuka penjualan tiket kereta api untuk periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 yang berlangsung dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025,” ujar Ixfan dalam keterangan resmi yang diterima Tirto, dikutip Senin (25/11/2024).

Ixfan menyebut bahwa rata-rata operasional kereta api jarak jauh (KAJJ) adalah sebanyak 58 per hari. Perinciannya, 28 KAJJ berangkat dari Stasiun Gambir dan 30 KAJJ dari Stasiun Pasar Senen setiap harinya.

Ixfan juga mengungkapkan bahwa tanggal keberangkatan favorit dengan tingkat penjualan tiket di atas 60 persen adalah antara 20 hingga 25 Desember 2024.

Dia juga mengingatkan para calon penumpang untuk memesan tiket KAJJ melalui aplikasi Acces by KAI, website kai.id, atau melalui situs penjualan tiket resmi lainnya. Selain itu, Ixfan mengimbau calon penumpang untuk lebih teliti dalam memasukkan data diri, rute, dan tanggal keberangkatan saat memesan tiket.

Calon penumpang juga diminta agar bisa merencanakan perjalanan dengan matang, termasuk waktu keberangkatan menuju stasiun.

“Manfaatkan sistem antrian yang disediakan di aplikasi Access by KAI dan website kai.id untuk mempermudah pembelian tiket, terutama di masa peak season,” sambung Ixfan.

Ixfan menekankan bahwa Daop 1 Jakarta terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan.

Sistem antrian online menjadi salah satu inovasi yang membantu calon penumpang mendapatkan layanan yang lebih pasti saat memesan tiket, terutama di periode sibuk seperti saat ini,” pungkasnya.

Baca juga artikel terkait LIBUR NATARU atau tulisan lainnya dari Nabila Ramadhanty

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Nabila Ramadhanty
Penulis: Nabila Ramadhanty
Editor: Fadrik Aziz Firdausi