Menuju konten utama

KAI: 1,4 Juta Tiket Mudik Lebaran 2025 Sudah Terjual

Selama masa mudik Lebaran dari 21 Maret – 11 April 2025 (22 hari) KAI menyediakan 3,4 juta tiket KA JJ berbagai tujuan.

KAI: 1,4 Juta Tiket Mudik Lebaran 2025 Sudah Terjual
Sejumlah penumpang berjalan menuju gerbong kereta api Kereta api Gaya Baru Malam Selatan di Stasiun Senen, Jakarta.

tirto.id - VP Public Relations KAI, Anne Purba, menyatakan antusiasme masyarakat dalam memanfaatkan layanan kereta api untuk mudik Lebaran 1446 H/2025 sangat besar.

Dari total 3.443.832 tiket KA JJ yang disediakan untuk periode mudik Lebaran, sudah terjual 1.437.124 tiket atau 41,73 persen dari total kapasitas tempat duduk yang KAI sediakan.

Total jumlah tersebut didapat hingga hari pertama Ramadhan, 1 Maret 2025, pukula 07.00 pagi. Selama masa mudik Lebaran dari 21 Maret – 11 April 2025 (22 hari) KAI menyediakan 3,4 juta tiket KA JJ berbagai tujuan di Pulau Jawa dan Sumatera.

“Hingga saat ini penjualan KA JJ tertinggi terjadi pada H-3 atau pada 28 Maret 2025 dengan jumlah penjualan 99.685 tiket,” ungkap Anne Purba dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/3/2025).

Menurut Anne, penjualan akan terus bertambah karena masih berlangsung. Untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi para pelanggan, KAI menyiapkan berbagai peningkatan layanan selama masa angkutan Lebaran 2025.

Salah satu langkah peningkatan layanan adalah penempatan Customer Service Mobile (CSM) di mana sebanyak 170 petugas frontliner akan ditugaskan di 39 stasiun yang berada di berbagai Daerah Operasi (Daop) dan Divisi Regional (Divre).

"Petugas ini siap memberikan informasi dan membantu pelanggan dalam berbagai keperluan selama perjalanan mereka,” tambah Anne.

KAI juga terus memperluas penyediaan water station sebagai bagian dari komitmen keberlanjutan. Empat stasiun baru yakni Kertapati, Lamongan, Wonokromo, dan Sidoarjo kini juga dilengkapi dengan fasilitas tersebut.

Pelanggan dapat melakukan pemesanan tiket KA jarak jauh hingga 45 hari sebelum keberangkatan. Untuk KA lokal, pemesanan tersedia mulai H-30, sementara beberapa layanan lainnya dapat dipesan sejak H-7 sebelum keberangkatan.

Oleh karena itu, kata Anne, KAI mengimbau masyarakat segera merencanakan perjalanan dan memesan tiket lebih awal di Access by KAI atau website resmi kai.id agar mendapatkan jadwal yang sesuai dengan kebutuhan.

Sementara itu, PT KAI mencatat dalam periode 28 Februari hingga 2 Maret 2025, total sebanyak 246.127 pelanggan tercatat menggunakan layanan kereta api jarak jauh (KA JJ).

Rinciannya, pada 28 Februari sebanyak 125.008 penumpang, pada 1 Maret 69.719 penumpang, dan pada 2 Maret 51.400 penumpang. Angka ini akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung.

Anne Purba mengungkapkan bahwa tren pulang kampung jelang Ramadan merupakan hal yang biasa terjadi. Masyarakat cenderung ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman, sehingga permintaan perjalanan dengan kereta api meningkat.

“KAI terus berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan,” ujar Anne.

Khusus di bulan Ramadan, KAI juga akan membagikan takjil gratis bagi pelanggan yang berbuka puasa di stasiun.

Sebanyak 34.400 paket takjil telah disiapkan dan akan didistribusikan di 21 stasiun utama guna memberikan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang menjalankan ibadah puasa.

Baca juga artikel terkait RAMADHAN 2025 atau tulisan lainnya dari Mochammad Fajar Nur

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Mochammad Fajar Nur
Penulis: Mochammad Fajar Nur
Editor: Anggun P Situmorang