Jumlah Siswa Bidikmisi yang Lolos SNMPTN 2019 Mencapai 26.217 Orang

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 22 Maret 2019
Hasil SNMPTN 2019 diumumkan pada hari ini Jumat (22/3/2019) pukul 13.00 WIB lewat laman pengumuman.snmptn.ac.id.
tirto.id - Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 mengumumkan jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 PTN se-Indonesia mencapai 92.331 siswa, 26.217 siswa di antaranya dari peserta Bidikmisi.

Hasil SNMPTN 2019 diumumkan pada hari ini Jumat (22/3/2019) pukul 13.00 WIB lewat laman pengumuman.snmptn.ac.id.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir mengatakan, peserta yang gagal lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 masih punya kesempatan untuk mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM).



"Masih ada dua kesempatan lagi yaitu SBMPTN dan Ujian Mandiri, inilah yang kami dorong," ujar M Nasir pada konferensi pers Hasil SNMPTN 2019 di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Jika tidak diterima di SBMPTN dan Ujian Mandiri, Menristekdikti mengatakan masih banyak perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang cukup baik.
"Jika tidak diterima dua-duanya masih banyak perguruan tinggi yang ada di Indonesia yang cukup baik. Jangan khawatir silakan daftar di perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdaftar, yang ada di dalam pangkalan data pendidikan tinggi," ujarnya.

Namun ia mengimbau jangan sampai siswa mendaftar di perguruan tinggi nonaktif. Sebelum mendaftar, pastikan perguruan tinggi tersebut terdaftar di pangkalan data pendidikan tinggi Kemenristekdikti dan statusnya aktif.

Perguruan tinggi yang nonaktif, menurut Nasir biasanya mengalami masalah, seperti tidak disiplin dan lain sebagainya.

"Silakan lihat di sana [pangkalan data], perguruan tinggi yang nonaktif dan aktif," ujar M Nasir.

Cek hasil SNMPTN dapat dilihat pada aplikasi berikut:



Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH