Menristekdikti Akui Pengumuman SNMPTN Sempat Bocor karena Di-Hack

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Laman pengumuman SNMPTN 2019 sempat bisa diakses pagi tadi tapi sudah ditutup kembali.
tirto.id - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir menyatakan pengumuman Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 sempat bocor atau bisa diakses sebelum rilis resmi yang dijadwalkan Jumat (22/3/2018) pukul 13.00 WIB.

"Pengumuman kan jam 16.00, diajukan jam 13.00, eh tiba-tiba ada yang bisa buka jam 05.00 pagi, dalam hal ini, kami dalam teknologi sudah siapkan semua, security sudah dibangun dengan baik, karena yang melakukan hack ini lagi dilacak siapa yang meng-hack itu," ujar M Nasir saat konferensi pers Hasil SNMPTN 2019 di Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Laman pengumuman seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) 2019 di pengumuman.snmptn.ac.id sempat bisa diakses pada Jumat (22/3/2019) pagi sekitar pukul 05.00-06:00 WIB, padahal secara resmi pengumuman kelulusan SNMPTN tersebut baru dilakukan pada pukul 16.00 WIB nanti (yang dimajukan jadi pukul 13.00 WIB.

Salah satu peserta mengkonfirmasi mereka sempat mengakses laman tersebut dan mendapati lolos SNMPTN 2019.

Peserta SNMPTN 2019 Rachmah Attalia, siswi SMAN 39 Jakarta, yang bisa mengakses laman tersebut mengaku mendapati dirinya diterima di Teknik Elektro Universitas Indonesia.

“Awalnya ragu, tapi setelah liat hasil temen-temen masih ada yang belum keterima, sama info dari guru BK sekolah, ini bener, jadi yakin," ujar Attalia kepada Tirto, pada Jumat pagi.

Namun pada pukul 07.30 WIB laman pengumuman.snmptn.ac.id sudah tidak bisa diakses lagi baik dalam versi desktop maupun mobile.

Menristekdikti menyatakan, data mahasiswa yang diterima di universitas masing-masing sudah ada di cloud, tinggal dirilis secara serentak pada pukul 13.00 WIB.

"Intinya adalah semua sudah di cloud, kalau Anda bisa meng-hack sekarang, bisa dibuka. Itu permasalahan dengan teknologi ini adalah kita harus jaga betul, yang penting jangan samapai dilakukan perubahan [data]," ujar Nasir.

Menteri Nasir menyebut, pihaknya sudah membuat security system yang baik, tapi jika ada orang lain yang bisa membuka, akses itu kemudian ditutup lagi.

"Dalam masalah security dalam sistem harus kita jaga, tapi kalau ada orang lain membuka yang namanya security udah baik ternyata bisa dibuka itu ditutup kembali. Kalau sekarang anda buka bisa meng-hack itu berarti Anda memang jagoan betul," kata Nasir.

Cek pengumuman hasil SNMPTN 2019 pada aplikasi berikut:




Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight