Jokowi Utamakan Pengembangan Wisata Halal

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 16 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi mengatakan, realisasi dari wisata halal itu akan diwujudkan dalam bentuk Halal Park dan Halal District.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah akan memfokuskan pengembangan wisata halal terlebih dahulu. Menurut Jokowi, wisata halal menjadi subsektor yang akan digenjot.

Hal itu disampaikan Jokowi kepada wartawan usai acara peresmian Halal Park di dekat lapangan basket Gelora Bung Karno (GBK), Senayan pada Selasa (16/4/2019).

“Kita bicara produk halal. Tapi pertama wisata. Tadi saya sampaikan kita peringkat pertama wisata halal dunia. Ini nanti yang akan kami jadikan leading sector,” ucap Jokowi.

Jokowi mengatakan, realisasi dari wisata halal itu akan diwujudkan dalam bentuk Halal Park dan Halal District yang saat ini sudah dimulai dikembangkan.

Ketika sudah berbentuk distrik, kata Jokowi, maka pemerintah akan berupaya mengambil produk halal dari UMKM. Terutama yang berkaitan dengan kuliner dan pengobatan.

“Sekarang sudah betul-betul terealisasi dari rencana yang sudah ada, tinggal membangunnya. Nanti yang kita tarik adalah produk-produk UMKM,” ucap Jokowi.

Mengenai pembangunan distrik halal ini, Jokowi mengaku belum tahu-menahu detail target realiasinya. Ia memperkirakan bahwa hal ini akan rampung sekitar 2 tahun.


“Kita sudah bicarakan satu setengah tahun ini. Dan sekarang sudah muncul tapi selesainya insyaallah dua setengah tahun,” ucap Jokowi.

Namun, ketika ditanya target ekspor produk halal, Jokowi mengatakan bahwa pemerintah akan fokus pada pengembangan distriknya terlebih dahulu.

“Distrik rampung dulu baru kita bicara bagaimana pasarnya. Kita intervensi pasarnya,” ucap Jokowi.

Dalam debat terakhir capres-cawapres pada Sabtu (13/4/2019) lalu, Jokowi menyatakan, pemerintahan akan segera membuka wisata Halal Park yang berlokasi di Jakarta.

Dalam segmen ke-3 debat malam itu, Jokowi menjelaskan bahwa Halal Park nantinya dapat mendukung pengembangan industri syariah dan halal di Indonesia.

"Sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, kita punya kekuatan besar di keuangan syariah, dan saat ini kita dinobatkan sebagai negara nomor 1 di bidang wisata halal, maka sebentar lagi kita akan segera membuka Halal Park yang berlokasi di dekat GBK, Jakarta," kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Alexander Haryanto