Jokowi Tunjuk Luhut Jadi Koordinator PPKM Mikro Darurat Jawa-Bali

Oleh: Andrian Pratama Taher - 30 Juni 2021
PPKM mikro darurat merupakan istilah baru yang digunakan pemerintah dalam penanganan pagebluk COVID-19.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menjadi koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro darurat untuk Pulau Jawa dan Bali.

PPKM mikro darurat merupakan istilah baru yang digunakan pemerintah untuk merespons pandemi COVID-19 yang terus melonjak.

"Betul Menko Maritim dan Investasi telah ditunjuk oleh Bapak Presiden Jokowi sebagai Koordinator PPKM Darurat untuk Pulau Jawa dan Bali," kata Juru Bicara Menko Marves Jodi Mahardi dalam keterangan yang diterima reporter Tirto, Selasa (29/6/2021) malam.

Jodi mengatakan aturan detail terkait PPKM mikro darurat masih dimatangkan pemerintah. Ia belum bisa memastikan kapan kebijakan teranyar itu akan berlaku. Ia hanya bilang hal itu akan diumumkan secepatnya oleh pemerintah.

"Supermarket, mall dan sektor-sektor esensial lainnya akan tetap beroperasi dengan jam operasional yang dipersingkat dan prokes yang ketat," terang Jodi.

Jodi meminta masyarakat tidak panik menanggapi isu PPKM mikro darurat. Ia berharap masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan guna menghindari penularan COVID-19.

"Vaksinasi bagi yang sehat dan terus waspada," pinta Jodi.

Lonjakan kasus infeksi virus Corona usai Idulfitri masih terus terjadi, pada 29 Juni 2021 penambahan kasus positif COVID-19 mencapai 20.647 sehingga total 2.156.465. Penambahan kasus ini juga diikuti melonjaknya kasus dalam perawatan/isolasi atau disebut kasus aktif.


Baca juga artikel terkait PPKM MIKRO atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight