Jokowi Tinjau Kesiapan 'New Normal' di Masjid Istana Kepresidenan

Oleh: Andrian Pratama Taher - 4 Juni 2020
Jokowi ingin Masjid Baiturrahim dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat.
tirto.id - Presiden Joko Widodo mengecek kesiapan penerapan new normal atau kenormalan baru di Masjid Baiturrahim, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (4/6/2020).

Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno saat meninjau Masjid Istana. Ia berbincang dengan pengurus masjid dan melihat-lihat kondisi di sana.

"Pagi ini saya melakukan pengecekan di Masjid Baiturrahim di istana ini, dalam rangka persiapan menuju ke sebuah tatanan normal baru, adaptasi kebiasaan baru untuk nantinya segera masjid ini bisa kita pakai bersama-sama untuk salat berjamaah maupun salat sendiri," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Masjid Baiturrahim akan dibuka saat masjid-masjid di DKI Jakarta mulai beraktivitas kembali. Ia ingin Masjid Istana bisa digunakan untuk ibadah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Kami harapkan dengan penataan, dengan tanda tanda yang jelas tadi sudah saya lihat, juga pembersihan masjid dengan disinfektan, kami harapkan nanti salat jumat sudah dimulai lagi di masjid," kata dia.

Menteri Agama Fachrul Razi telah menerbitkan panduan tentang kegiatan keagamaan di rumah ibadah saat fase new normal. Salah satu aturan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 15/2020 itu mewajibkan rumah ibadah memiliki surat keterangan aman dari COVID-19.



Baca juga artikel terkait PROTOKOL NEW NORMAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight