Jokowi Targetkan RI Jadi Pusat Industri Halal Dunia pada 2024

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 21 Okt 2021 11:28 WIB
Jokowi juga menargetkan Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim dunia pada 2024.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menargetkan Indonesia menjadi pusat industri halal dan kiblat fesyen muslim dunia pada 2024. Jokowi menilai Indonesia memiliki potensi besar dalam hal tersebut.

"Saya target tujuan tersebut dapat tercapai pada tahun 2024, apalagi pasar produk halal dunia sangat besar," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan dalam Trade Expo Indonesia (TEI) Digital Edition 2021, Kamis (21/10/2021).

Ambisi Jokowi itu mengacu pada laporan ekonomi State of Global Islamic tahun 2020-2021 yang mencatat belanja warga muslim dunia mencapai lebih dari 2 triliun dolar AS. Mereka belanja untuk produk makanan, fesyen, kosmetik, farmasi, hingga sektor rekreasi atau pariwisata.


"Tentunya ini merupakan peluang yang harus kita manfaatkan" kata dia.

Jokowi mengapresiasi TEI Digital Edition 2021 juga menggelar pameran busana muslim dan forum halal. Hal itu dinilai akan mampu meningkatkan pengembangan pasar halal Indonesia ke dunia.

"Peluang ini harus kita manfaatkan untuk mendorong peningkatan ekspor sebanyak-banyaknya," kata Jokowi.

Kementerian Perdagangan (Kemendag) mencatat ekspor produk halal Indonesia saat ini mencapai 6 miliar dolar AS. Sedangkan nilai ekspor fesyen muslim mencapai 4,1 miliar dolar AS.



Baca juga artikel terkait INDUSTRI HALAL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight