Jokowi Targetkan 38 Bendungan Rampung pada Akhir Tahun 2022

Reporter: Selfie Miftahul Jannah, Selfie Miftahul Jannah, tirto.id - 14 Agu 2022 14:47 WIB
Pemerintah akan menyelesaikan 38 bendungan yang ada di Indonesia pada akhir 2022.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan pemerintah akan menyelesaikan 38 bendungan yang ada di Indonesia pada akhir 2022. Dia merinci hingga saat ini sudah ada 29 bendungan besar telah diresmikan.

“Salah satu infrastruktur yang kita bangun sejak tahun 2015 adalah infrastruktur di bidang pertanian kita telah membangun banyak bendungan Embung jaringan irigasi. Teringat saya sampai hari ini telah resmikan 29 bendungan besar dan tahun ini akan selesai lagi totalnya 38 bendungan,” kata Jokowi dalam penghargaan dari International Rice Research Institute kepada Indonesia, Minggu (14/8/2022).

Pada 2024 pemerintah akan menyelesaikan kurang lebih 61 bendungan embung, sebanyak 4.500 dan 1,1 juta jaringan irigasi. Dia menuturkan proyek tersebut telah dibangun selama 7 tahun ini.

Lebih lanjut, dia merinci pemerintah terus melakukan peningkatan produksi massal kebutuhan bahan pangan. Salah satunya dengan pemanfaatan varietas unggul padi.

Hasilnya cukup memuaskan, Jokowi menuturkan selama 3 tahun berturut-turut Indonesia mampu mempertahankan produksi beras sebesar 31,3 juta ton. Produksi tersebut dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri.

“Peningkatan dan konsistensi inilah yang saya lihat dilihat dilihat oleh Karena memang jumlah itu ada jumlah yang riil," ungkapnya.

"Penghitungan oleh BPS Badan Pusat Statistik stok kita di lapangan jumlahnya juga di akhir bulan April 202022 tertinggi yaitu 10,2 juta ton kalau ditanya barangnya ada di mana? ada di masyarakat petani di restoran-restoran juga di Bulog,” imbuhnya.





Baca juga artikel terkait PROYEK BENDUNGAN atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah & Selfie Miftahul Jannah
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight