Pandemi COVID-19

Jokowi Sebut Vaksinasi COVID-19 akan Dimulai Januari 2021 & Gratis

Oleh: Andrian Pratama Taher - 16 Desember 2020
Jokowi sebut vaksinasi akan dimulai pada Januari 2021 dengan prioritas dokter dan perawat, lalu TNI-Polri, serta guru.
tirto.id - Presiden Joko Widodo menyebut vaksinasi akan dimulai pada Januari 2021. Hal ini ia sampaikan ketika memberikan bantuan modal kerja kepada sejumlah pedagang di halaman tengah Istana Jakarta, Jakarta, Rabu (16/12/2020).

"Vaksinnya sudah ada, tapi akan dimulai vaksinasinya di bulan januari," kata Jokowi.

Jokowi kembali mengatakan, situasi Indonesia sama seperti 215 negara lain yang menderita dampak pandemi COVID-19. Ia memahami situasi para pedagang yang mengalami penurunan omset hingga sepertiga akibat COVID-19. Ia meminta agar rakyat bertahan selama masa pandemi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini kembali mengatakan kalau Indonesia akan normal setelah vaksinasi dimulai. Mantan Wali Kota Solo itu pun sempat menanyakan kesediaan warga untuk divaksin atau tidak.

"Saya ingin tahu yang tidak ingin divaksin yang ada di sini ada gak? Oh gak ada, jadi semuanya ingin divaksin semua," kata Jokowi.

Jokowi kembali menerangkan, pembagian vaksin akan diprioritaskan kepada dokter dan perawat. Kemudian diberikan kepada TNI-Polri sebagai penjaga kedaulatan dan ketertiban maupun keamanan negara. Kemudian baru diberikan kepada guru.

Ia juga menyinggung kalau vaksin akan diberikan secara gratis setelah tenaga medis, TNI-Polri dan guru selesai divaksin.

"Setelah itu kita semuanya akan mendapatkan vaksinasi gratis. Jangan ada yang bayar, gratis," kata Jokowi.


Baca juga artikel terkait VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Abdul Aziz
DarkLight