Jokowi Sarankan Coblos Baju Putih Saat Kampanye di Banten

Oleh: Riyan Setiawan - 25 Maret 2019
Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo menyarankan untuk mencoblos baju putih saat simulasi mencoblos surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 nanti.
tirto.id - Calon Presiden (Capres) petahana Joko Widodo (Jokowi) memperagakan simulasi mencoblos surat suara saat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 nanti.

Hal tersebut ia contohkan di hadapan ribuan masyarakat Serang, Banten saat berkampanye di Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Serang, Banten.

Kemudian Jokowi memperagakan mencoblos pasangan capres-cawapres nomor urut 01 yakni Jokowi-Ma'ruf yang berada di dalam replika surat suara berukuran besar.

"Jadi nanti tanggal 17 April, pilih yang baju putih. Karena putih adalah kita," ujar Jokowi di Stadion Maulana Yusuf Ciceri, Serang, Banten, Minggu (24/3/2019).

Berdasarkan pantauan Tirto, sebelum memeragakan hal tersebut, Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat berpidato terlebih dahulu. Kemudian dirinya kembali menegaskan pada saat pemungutan suara nanti, untuk memilih paslon yang berbaju putih, yakni nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf.

"Jangan lupa pilih yang bajunya putih. Pilih yang bajunya putih. Saya ulang, pilih yang bajunya putih. Karena putih adalah kita, karena putih adalah kita," ujar Jokowi.

Usai menutup pidatonya di hadapan ribuan masyarakat Serang, bersama dengan para Ketua Umum lartai politik Koalisi Indonesia Kerja, seperti Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa, Ketua Umum Perindo Harry Tanoesoedibjo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, Ketua Umum PKPI Diaz Hendropriyono, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Ketua TKN Erick Thohir, menekan tombol tanda simulasi pencoblosan.

Melalui replika kertas surat suara berukuran besar, dirinya pun mempraktikkan untuk mencoblos nomor urut 01. Setelah itu langsung dimasukkan ke dalam dalam replika kotak suara yang sudah tersedia.

Namun, hal yang menarik dalam surat suara replika tersebut, hanya ada foto capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf. Sedangkan untuk paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandi, tidak ada fotonya dan hanya bergambar hitam.

Usai melakukan simulasi, penonton pun langsung bersorak dan meneriakkan "Jokowi... Ma'ruf... Jokowi... Amin...," teriak massa yang memadati lokasi tersebut.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno