Jokowi Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya

Reporter: Irfan Amin, tirto.id - 1 Okt 2022 09:33 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah pejabat negara hadir, mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto hingga Ketua DPR RI Puan Maharani.
tirto.id - Presiden Joko Widodo memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila 2022 di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pada Sabtu (1/10/2022) pukul 08.00 WIB. Jokowi didampingi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Hadir pula dalam acara tersebut Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti, dan menteri dari Kabinet Indonesia Maju dan kepala lembaga.

Dilansir dari Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 59868/MPK.F/TU.02.03/2022. Pada tahun ini, Hari Kesaktian Pancasila mengusung tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila".

Dalam acara itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertugas membaca Pancasila. Adapun Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti bertugas menjadi pembaca pembukaan UUD 1945. Kemudian diakhiri oleh Ketua DPR RI Puan Maharani yang memimpin pembacaan dan penandatanganan ikrar.

"Dengan rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia."

"Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan pancasila sebagai ideologi negara. Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia."

"Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Setelah itu dilanjutkan doa oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sebagai penutup acara dengan mengheningkan cipta.

Komandan upacara kemudian mengambilalih dan menutup acara setelah melakukan laporan ke Jokowi selaku inspektur upacara. Seusai upacara, Jokowi bertemu dengan sejumlah tamu undangan sembari berjalan menuju mobil dinasnya untuk pulang kembali ke istana.



Baca juga artikel terkait HARI KESAKTIAN PANCASILA 2022 atau tulisan menarik lainnya Irfan Amin
(tirto.id - Politik)

Reporter: Irfan Amin
Penulis: Irfan Amin
Editor: Fahreza Rizky

DarkLight