Jokowi Pesan Obat Avigan & Klorokuin untuk Dites ke Pasien COVID-19

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 20 Mar 2020 16:07 WIB
Jokowi berkata sudah memesan 5 ribu obat Avigan dan 5 juta obat klorokuin buat diuji coba mengatasi infeksi COVID-19 di Indonesia.
tirto.id - Presiden Joko Widodo berkata pemerintah telah memesan obat dari sejumlah negara yang sudah menggunakannya demi menghadapi Covid-19.

Pemerintah mulai membeli obat Avigan sebanyak 5.000 butir sebagai uji coba mengobati virus corona, ujar Jokowi. Ia juga berkata pemerintah memesannya lagi sebanyak 2 juta butir.

Pemerintah juga memesan 5 juta chloroquine atau klorokuin, yang diharapkan mampu menangani pandemi corona semakin meluas di Indonesia.

"Obat ini sudah dicoba oleh satu, dua, tiga negara dan beri kesembuhan," ujar Jokowi dalam konferensi pers di Istana Merdeka, Jumat (20/3/2020).

Jokowi berkata pemerintah akan membagikan obat itu kepada pasien lewat dokter keliling di kawasan terinfeksi.

"Saya sudah meminta kepada BUMN farmasi yang memproduksi obat ini untuk memperbanyak produksinya," kata Jokowi.

Avigan adalah obat antivirus yang dikembangkan oleh Toyama Chemical of Japan demi melawan banyak virus RNA. Pada Februari 2020, obat ini dipakai oleh Tiongkok untuk pengobatan eksperimental COVID-19.

Sementara obat klorokuin biasanya digunakan untuk mencegah atau mengobati malaria yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Para peneliti menemukan obat ini bisa efektif sebagai opsi memerangi virus corona baru. Setidaknya peneliti telah melakukan 10 uji klinis dalam penelitian yang dilakukan di tabung reaksi.



Baca juga artikel terkait DAMPAK PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Bayu Septianto

DarkLight