Jokowi Pakai Baju Adat Buton di Upacara HUT RI Ke-77

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 17 Agu 2022 08:52 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara saat upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022).
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian adat Buton, Sulawesi Tenggara saat upacara HUT ke-77 Republik Indonesia, Rabu (17/8/2022). Hal itu disampaikan Jokowi sebelum melakukan upacara di Istana Negara, Jakarta Pusat.

"Ini baju dari Buton, sulawesi Tenggara," Kata Jokowi.

Jokowi meuturkan pakaian tersebut bernama Dolmani. Memiliki corak berwarna merah dan putih. Saat ditanya para awak media apa makna baju yang dikenakan, Jokowi berkelakar agar mencarinya ke Buton.

"Maknanya dicari ke Buton," ucapnya.

Dalam pantauan, Jokowi tidak sendiri menggunakan pakaian adat. Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut menggunakan pakaian adat mendampingi Jokowi.

Hingga pukul 08.20 WIB, dalam pantauan, beberapa undangan masih berdatangan ke acara perayaan meski acara sudah dimulai. Para peserta yang hadir diwajibkan membawa undangan dan diperiksa dengan metal detector. Mereka pun diwajibkan scan PeduliLindungi sebelum masuk ke kompleks Istana Merdeka.





Baca juga artikel terkait HARI KEMERDEKAAN KE-77 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight