Jokowi Minta Kepala Daerah Cek Ketersediaan Oksigen & Obat COVID-19

Oleh: Andrian Pratama Taher - 8 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi memerintahkan seluruh kepala daerah untuk turun langsung ke lapangan menangani pandemi COVID-19.
tirto.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh kepala daerah untuk mengecek ketersediaan oksigen hingga obat-obatan untuk penanganan pasien COVID-19 di wilayahnya masing-masing,

"Saya juga minta kepada seluruh gubernur, bupati, dan walikota baik yang berada di Pulau Jawa dan Pulau Bali maupun yang di luar Pulau Jawa, semuanya untuk terus turun ke bawah mengecek lapangan, mengontrol kesiapan-kesiapan baik itu obat-obatan, baik itu alat-alat kesehatan, baik itu tabung-tabung oksigen dan juga tempat-tempat isolasi yang selalu dan harus dipersiapkan," kata Jokowi saat meninjau Rusun Pasar Rumput, Jakarta, sebagai tempat isolasi terpusat, Rabu (7/7/2021) malam.

Jokowi melaporkan bahwa rusun Pasar Rumput sudah bisa digunakan untuk isolasi pasien COVID-19 bergejala ringan dan orang tanpa gejala (OTG). Ia merinci sekitar 2.060 tempat tidur di tower 1 sudah siap dipakai. Sedangkan tower 2 dan 3 bisa digunakan dalam 2-3 hari ke depan dengan kapasitas 5.950 tempat tidur.

"Kami harapkan dengan persiapan-persiapan seperti ini, kalau memang terjadi lonjakan kami sudah ada kesiapan," kata Jokowi.

Mantan Walikota Solo ini pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah bekerja keras menghadapi pagebluk virus Corona.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para dokter, para tenaga kesehatan dan seluruh relawan-relawan yang telah bekerja pagi siang dam malam dalam rangka menangani covid 19 ini," kata Jokowi.

Jokowi meninjau Rusun Pasar Rumput didampingi oleh Ketua Satgas COVID-19 sekaligus Kepala BNPB Letjen Ganip Warsito dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. Mereka melihat kondisi kamar-kamar yang akan digunakan sebagai fasilitas isolasi mandiri. Fasilitas ini nantinya akan menjadi penunjang RSD Wisma Atlet yang sudah penuh.

Pada Senin (5/7/2021), Jokowi juga meninjau kesiapan Asrama Haji, Pondok Gede, sebagai tempat isolasi mandiri pasien COVID-19. Setidaknya ada 900 tempat tidur isolasi, 50 ICU dan 40 HCU bisa digunakan mulai Kamis (8/7/2021).


Baca juga artikel terkait PANDEMI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight