Jokowi Luncurkan 300 Ribu Paket Obat Isoman Gratis untuk Jawa-Bali

Oleh: Andrian Pratama Taher - 15 Juli 2021
Dibaca Normal 1 menit
Jokowi menegaskan paket obat isolasi mandiri ini gratis alias tidak diperjualbelikan.
tirto.id - Presiden Joko Widodo meluncurkan 300 ribu paket obat dan vitamin gratis untuk pasien COVID-19 yang isolasi mandiri (isoman) di wilayah Jawa dan Bali.

Jokowi mengatakan hal ini dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Pemerintah memberi bantuan mulai hari ini berupa bantuan bahan pokok sembako lewat PKH dan lewat bantuan sosial tunai serta bantuan paket vitamin dan obat-obatan seperti ini," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (15/7/2021).

Jokowi bilang ada tiga jenis paket obar isoman yang dibagikan untuk penggunaan tujuh hari. Paket pertama berisi vitamin untuk warga dengan status PCR positif tanpa gejala atau OTG; paket kedua berisi vitamin dan obat untuk warga dengan hasil tes PCR positif disertai keluhan panas dan kehilangan penciuman; dan paket ketiga berisi vitamin dan obat untuk warga dengan PCR positif disertai keluhan panas batuk kering.

"Untuk pake ini [kedua dan ketiga] membutuhkan konsultasi dan resep dokter, terutama dokter puskesmas," kata dia.

Jokowi menegaskan paket obat isoman ini gratis alias tidak diperjualbelikan. Pasokan obat-obatan akan disiapkan oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

"Pendistribusiannya ini nanti akan dikoordinasikan oleh Panglima TNI yang nanti tentu saja akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah sampai pemerintah desa maupun melibatkan puskesmas, babinsa dan pengurus RT/RW," ujar Jokowi.

Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia terus membubung. Pada 14 Juli 2021, penamabahan kasus positif COVID-19 di Indonesia mecapai 54.517 sehingga total menjadi 2.670.046 orang. Angka itu merupakan rekor penambahan kasus harian tertinggi selama pagebluk di tanah air.


Baca juga artikel terkait OBAT COVID-19 GRATIS atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight