Jokowi Janjikan Rumah Gratis bagi Keluarga Korban KRI Nanggala 402

Oleh: Andrian Pratama Taher - 29 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
Selain beasiswa bagi anak korban KRI Nanggala-402, Presiden Jokowi juga menjanjikan pembangunan rumah gratis bagi keluarga korban.
tirto.id - Presiden Jokowi menjanjikan pembangunan rumah gratis bagi keluarga korban KRI Nanggala-402. Rumah tersebut pun bebas ditentukan oleh pihak keluarga.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi mengunjungi para keluarga KRI Nanggala-402 di Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (29/4/2021).

"Dari kami nanti ibu-ibu sekalian dibangunkan rumah yang tempatnya kami nanti mengikuti ibu-ibu semua. Terserah, bisa di Gresik bisa Sidoarjo atau di tempat lain," kata Jokowi, Kamis (29/4/2021).

Jokowi pun meminta agar Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Yudho Margono atau Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk segera mengeksekusi permintaan tersebut.

Selain pembangunan rumah, Jokowi juga mengingatkan kalau pemerintah memberikan penghargaan kepada para anggota KRI Nanggala-402 dengan kenaikan satu pangkat. Selain itu, para putra-putri keluarga korban KRI Nanggala-402 akan mendapatkan dukungan dari negara sejak sekolah hingga perguruan tinggi.

Di saat yang sama, Jokowi kembali mengucapkan turut berduka cita atas meninggalnya para kru KRI Nanggala-402. Ia mendoakan ke-53 kru KRI Nanggala-402 mendapat tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa.

"Atas nama negara, atas nama pemerintah, atas nama rakyat, saya menyampaikan duka cita yang mendalam atas gugurnya para patriot KRI Nanggala-402. Semoga arwah beliau diterima di sisi-Nya, diberikan tempat yang terbaik, diampuni dosa-dosanya," kata Jokowi.

Presiden Jokowi dijadwalkan kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis (29/4/2021). Setidaknya ada dua agenda yang akan dihadiri Jokowi di Jawa Timur.

Setelah bertemu dengan keluarga KRI Nanggala-402 di Sidoarjo, Jawa Timur, Jokowi dijadwalkan untuk kunjungan kerja ke Malang, Jawa Timur. Di Malang, Presiden akan melakukan peninjauan proses tanam dan panen padi di Desa Kanigoro, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang. Presiden juga akan berdialog dengan perwakilan petani setempat.

Setelah itu, Presiden akan menuju lokasi terdampak gempa yang terletak di Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang. Di lokasi tersebut, Kepala Negara akan meninjau tenda trauma healing, dapur umum, hingga tenda pengungsi. Di sore hari, Presiden dan rombongan akan kembali ke Pangkalan TNI AU Abdul Rachman Saleh untuk kemudian lepas landas ke Jakarta.

Turut serta dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Timur antara lain, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Mayjen TNI Agus Subiyanto, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.


Baca juga artikel terkait TRAGEDI KRI NANGGALA 402 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight