Jokowi dan Iriana Selesai Mencoblos di TPS 008 Gambir

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 17 April 2019
Jokowi dan Iriana selesai mencoblos di TPS 008 Gambir, Jakarta Pusat.
tirto.id - Calon Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo (Jokowi) telah menggunakan hak suaranya di lokasi pemungutan suara (TPS) 008 yang bertempat di Pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara.

Tepatnya di Jalan Veteran Raya No. 10, Kelurahan Gambir, Jakarta Pusat. Presiden Jokowi datang menggunakan hak pilihnya bersama ibu negara, Iriana Joko Widodo.

Kedatangan mereka segera disambut oleh petugas TPS. Tidak hanya itu ia juga langsung dipersilahkan menunggu di dalam TPS, mendahului 10-20 orang yang tengah mengantre.

Beberapa saat, Jokowi dan Iriana dipanggil oleh petugas TPS untuk mengambil surat suara dan segera mencoblos di bilik suara.

Jokowi terdaftar dalam DPT nomor 154 sedangkan Iriana di nomor 155. Jumlah DPT di TPS ini adalah 198 orang dengan DPT tambahan 22 orang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada 17 April 2019.


Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang akan dibuka pada pukul 07.00 WIB.

"TPS akan buka pukul 07.00 waktu setempat sampai dengan pukul 13.00 waktu setempat," ujar Komisioner KPU Wahyu Setiawan di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2019).

Setelah Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) membuka TPS, akan dilaksanakan dulu rapat antara petugas KPPS dan saksi. Rapat dibuka dengan pengambilan sumpah petugas KPPS yang disaksikan saksi dan pemilih yang sudah hadir.

Selanjutnya, petugas KPPS membuka satu per satu kotak suara yang sebelumnya masih disegel. Petugas mengeluarkan sejumlah surat suara dari setiap kotak suara untuk dihitung.

Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Yantina Debora
DarkLight