Sejumlah Warga TPS 008 Ikuti Ajakan Jokowi Putihkan TPS

Oleh: Vincent Fabian Thomas - 17 April 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah warga yang akan mencoblos di TPS 008 pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara, Gambir, Jakarta Pusat kebanyakan memakai baju putih.
tirto.id - Sejumlah warga yang akan mencoblos di TPS 008 pelataran Gedung Lembaga Administrasi Negara, Gambir Jakarta Pusat memakai baju putih menyusul ajakan calon presiden nomor urut 01 untuk "Memutihkan" Jakarta.

Emmy Sitompul Simorangkir (61) yang sehari-hari bekerja sebagai ibu rumah tangga pun turut hadir bersama ketiga orang anaknya yang sama-sama menggunakan baju putih.

Menurut pengakuannya ia memang mengikuti ajakan itu. Emmy yang sempat hadir pada rapat akbar di Gelora Bung Karno (GBK) pada Sabtu (13/4/2019) lalu itu mengatakan ingin ikut meramaikan pemilu dengan nuansa yang menjadi simbol paslon nomor urut 01 ini.

"Udah pasti dong. Waktu di GBK kan udah dibilang putihkan Jakarta. Ini anak-anak saya pakai baju putih semua," ucap Emmy kepada reporter Tirto pada Rabu (17/4/2019).

Hingga pukul 9.43 WIB terdapat 9 warga yang menggunakan baju putih dari 20 orang di antrean.

Tidak hanya Emmy, Hadi Waluyo (45) seorang karyawan swasta juga turut hadir bersama istri dan satu orang anaknya.

Ia mengajak serta anaknya yang masi duduk di bangku sekolah dasar untuk memahami langsung proses pemilihan umum.

"Iya ini terkait 'memutihkan' itu," ucap Hadi kepada reporter Tirto pada Rabu (17/4/2019).

Namun, sepengetahuan Hadi, gerakan "memutihkan" ini tidak hanya terjadi di TPS 008. Dalam. perjalanannya dari BSD, Banten ia mengaku juga melihat nuansa serupa menghiasi TPA yang ia lalui.

"Dari BSD ada juga TPS yang pemilihnya pakai baju putih," ucap Hadi.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu Serentak 2019 pada hari ini, Rabu, 17 April 2019. Masyarakat yang mendapatkan hak pilihnya diharapkan kedatangannya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang dibuka pada pukul 07.00 WIB.

Pemilu 2019 kali ini melaksanakan pemilihan secara serentak mulai dari calon anggota legislatif (caleg) tingkat kota/kabupaten, provinsi, pusat, perwakilan daerah, hingga pasangan calon presiden dan wakil presiden.

Puluhan ribu caleg itu telah terdaftar dalam 20 partai politik yakni 16 parpol tingkat nasional, dan empat parpol lokal tambahan khusus untuk di Provinsi Aceh.

Seluruh caleg akan bertarung untuk memperebutkan 17.610 kursi anggota DPRD tingkat kabupaten/kota, 2.207 kursi anggota DPRD tingkat provinsi, 575 kursi anggota DPR RI, dan 136 kursi anggota DPD.

Pemilih yang telah terdaftar di dalam Daftar Pemilih (DPT/DPTb/DPK), dapat menyalurkan suaranya dengan membawa Formulir C6 dan datang ke Tempat Pemungutan Suara yang telah ditentukan mulai pukul 07.00 - 13.00 waktu setempat.





Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Politik)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno