Jokowi Bertemu Puan & Parlemen MIKTA, Bahas Perdamaian di Gaza

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 20 Nov 2023 13:57 WIB
Mereka mendorong agar jalur kemanusiaan bisa segera dilakukan di Gaza, Palestina.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Ketua DPR Puan Maharani serta empat ketua parlemen negara anggota MIKTA yaitu Meksiko, Korea Selatan, Turki dan Australia di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/11/2023). Dalam pertemuan tersebut, mereka membahas terkait perdamaian dunia, salah satunya konflik Gaza, Palestina.

"Setelah ini (bertemu Presiden Jokowi), kami akan membuka MIKTA Meeting yang akan membicarakan hal-hal terkait dengan perdamaian dunia, termasuk juga kemerdekaan atau bagaimana apa yang terjadi di Gaza Palestina sehingga kami bersepakat kita di MIKTA harus menjaga persatuan," kata Puan usai mengikuti pertemuan di kompleks Istana Kepresidenan.

Puan menuturkan mereka sepakat isu pendudukan Israel di Palestina harus dihentikan. Mereka mendorong agar jalur kemanusiaan bisa segera dilakukan.

"Kami menyepakati apa yang terjadi di Palestina dan Ukraina harus segera diselesaikan sehingga perdamaian bisa terjadi di dunia ini," klaim Puan.

Puan menuturkan, MIKTA digelar pada pukul 13.30 WIB. Dalam pertemuan tersebut, mereka akan mendengar kembali pandangan parlemen-parlemen dalam anggota. Dia pun menjamin parlemen MIKTA saling mendukung dalam isu Palestina.

"Intinya parlemen akan mendukung, saling mendukung dan bersinergi serta berkoordinasi dengan eksekutif serta pemerintahannya masing-masing sehingga apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah akan
kita laksanakan melalui parlemen yang ada di MIKTA," kata Puan.


Khusus Indonesia, Presiden Jokowi menegaskan komitmen untuk masalah Palestina kepada anggota MIKTA bahwa mereka mendukung perdamaian bagi Palestina.

"Sama apa yang disampaikan presiden dalam pertemuan ini bahwa Indonesia tetap berkomitmen, tetap konsisten mendukung perdamaian yang ada di Palestina," kata Puan.


Baca juga artikel terkait KONFLIK PALESTINA ISRAEL atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight