Jokowi Akan Genjot B20, Fadli Zon: Jangan Sebatas di Pidato Saja

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 16 Agustus 2019
Fadli Zon berharap pengembangan biodiesel dapat menjadi kenyataan yang dibutuhkan masyarakat.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat mengatakan akan terus mengembangkan dan mendorong penggunaan bahan campuran BBM yaitu biodisel 20% alias B20 di periode mendatang. Pesan tersebut disampaikan dalam pidato kebangsaan Jokowi di Rapat Tahunan MPR, Jumat (16/8/2019).

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo dalam mengembangkan biodiesel atau B20, seraya berharap dapat segera diimplementasikan.

“Pidato Presiden banyak hal yang bagus [B20] disampaikan namun jangan sebatas pidato saja,” kata dia di kompleks parlemen, Jakarta.

Politikus Gerindra ini berharap pengembangan biodiesel itu dapat menjadi kenyataan yang dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

Dalam pidato kenegaraannya di Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia mampu membuat bahan bakar dengan jenis biodiesel 100 persen berasal dari nabati atau B100.

Jokowi mengatakan Indonesia sudah mulai dengan program B20, akan masuk ke B30 campuran solar dengan 30 persen biodiesel. Indonesia bisa lebih dari itu dengan bisa membuat B100.

Tak hanya itu, tentang industri inovasi energi, Presiden Jokowi mendorong adanya hilirisasi industri bidang bahan bakar serta mineral pertambangan.

Jokowi juga mendorong Indonesia untuk dapat memproduksi bahan bakar jenis avtur dari minyak kelapa sawit dan mendorong negeri ini untuk bisa melakukan ekspor avtur ke pasar internasional.

"Kita bisa memproduksi avtur. Kalau bisa kita ekspor," jelas dia.


Baca juga artikel terkait SIDANG TAHUNAN MPR 2019 atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Abdul Aziz
DarkLight