Joker Tayang Lagi di Bioskop Usai Dapat 11 Nominasi Oscar 2020

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 16 Januari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Joker menerima beberapa nominasi penghargaan, salah satunya 11 nominasi Oscar 2020.
tirto.id - Joker, salah satu film populer tahun 2019, akan kembali ditayangkan di bioskop selama seminggu, demikian menurut Warner Bros kepada IGN Southeast Asia. Film garapan Todd Phillips ini akan kembali ke layar lebar pada 17-24 Januari di Amerika Serikat setelah mendapat 11 nominasi Oscar termasuk untuk film terbaik.

Menurut perwakilan Warner Bros, Jeff Goldstein, Joker akan kembali ke bioskop sehingga mereka yang melewatkannya masih memiliki kesempatan untuk menonton film ini di layar lebar sebelum Oscar berlangsung.

"Dengan banyaknya minat pada Joker sebagai hasil dari pengakuannya selama musim penghargaan ini, kami ingin memberikan kesempatan kepada penonton untuk menonton film di layar lebar, baik untuk pertama kalinya atau kedua kali," kata Goldstein.

Joker menerima beberapa nominasi penghargaan, termasuk nominasi Golden Globe untuk Best Picture dan Best Original Score, Phillips juga menerima nominasi Sutradara Terbaik bersama dengan Aktor Penampilan Terbaik untuk Joaquin Phoenix di Golden Globes. Film ini juga menerima nominasi dari Screenwriters Guild, BAFTA, dan sebelas nominasi Oscar.

Todd Phillips sedang dalam pembicaraan dengan Warner Bros untuk pembuatan sekuel Joker. Hal tersebut pertama kali diberitakan oleh The Hollywood Reporter pada Kamis (20/11/2019).

Apabila kesepakatan tersebut berhasil, Phillips akan menulis skenario bersama Scott Silver. Dilansir The Guardian, ada kemungkinan besar Joaquin Phoenix juga akan kembali bergabung dalam proyek ini sebagai karakter Joker.

Melihat kembali mengingat akhir film Joker, Arthur Fleck mulai bangkit dan menemukan jati dirinya. Dia juga mulai memiliki banyak “rekan”. Gelombang protes terhadap pemerintah Kota Gotham semakin meningkat dan membawa Joker sebagai simbol perlawanan.

Pada akhir film juga terlihat pembunuhan kedua orang tua Bruce Wayne di depan mata anaknya. Namun Phillips tidak akan membahas asal-usul Bruce Wayne atau Batman. Cerita terkait asal-usul Batman sedang dalam proses pengerjaan di bawah arahan sutradara Matt Reeves. Robert Pattinson akan berperan sebagai Batman.

Dalam urutan pendapatan film terlaris dunia seluruh kategori film, Joker menempati urutan ke-44. Posisi pertama dan kedua ditempati oleh Avengers: Endgame dengan $2,79 miliar dan Avatar dengan $2,78 miliar.

Situs web CinemaScore memberikan Joker skor B+, Rotten Tomatoes 69 persen (versi penonton 91 persen) dan IMDb 9 dari 10.


Baca juga artikel terkait OSCAR 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight