JK: Lebih Baik LRT Mogok Sebelum Asian Games, Jadi Bisa Diperbaiki

Oleh: Lalu Rahadian - 14 Agustus 2018
Dibaca Normal 1 menit
Wapres JK mengakui LRT Palembang belum sempurna sehingga perlu dievaluasi untuk dibenahi kelemahannya.
tirto.id - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menanggapi insiden Light Rail Transit (LRT) Palembang yang sudah tiga kali mogok pada beberapa hari sebelum Asian Games 2018 dibuka.

Menurut JK, mogoknya LRT sebelum Asian Games lebih baik dibanding insiden serupa terjadi setelah pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

"Lebih baik mogok sebelum pembukaan daripada setelah [Asian Games dibuka]. Kalau mogok sekarang, bisa diperbaiki. Itu memang barang baru, tidak semuanya sempurna. Tapi, akan selalu dievaluasi dan dicek oleh kemenhub," ujar JK di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, pada Selasa (14/8/2018).

LRT Palembang terakhir mogok pada Minggu (12/8/2018). Kereta ringan yang berangkat dari stasiun DJKA menuju Stasiun Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II itu berhenti mendadak di antara Stasiun Jakabaring dan Stasiun Polresta.

Para penumpang terpaksa dievakuasi dengan berjalan kaki melalui jalur samping rel. Insiden itu adalah kali ketiga menimpa LRT Palembang.

LRT Palembang diproduksi oleh BUMN, yaitu PT INKA (Persero). Sebagai manufaktur sarana perkeretaapian satu-satunya di Asia Tenggara, PT INKA membuat LRT dengan tingkat komponen dalam negeri mencapai 45 persen.


Jalur kereta api ringan di Palembang sepanjang 25 Km ini dibangun untuk menunjang perhelatan akbar Asian Games 2018. LRT Palembang dirancang agar bisa menjadi moda transportasi bagi masyarakat dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II hingga kawasan Jakabaring yang menjadi pusat pertandingan olahraga.

"Ini memang justru di uji coba mogok atau tidak. Ternyata mogok, jadi harus diperbaiki," ujar JK.

Proyek LRT Palembang diklaim sebagai proyek tercepat dalam penyelesaiannya. Proyek pembangunan yang memakan biaya sebesar Rp10,9 triliun itu mulai dibangun pada Oktober 2015 dan selesai pada Juli 2018.

Selain di Palembang, LRT juga dibangun di DKI Jakarta. Akan tetapi, LRT DKI Jakarta tidak bisa digunakan saat Asian Games berlangsung. Sebabnya, pembangunan sejumlah halte dan perlintasan belum selesai hingga kini.

"Ya LRT [DKI Jakarta] baru dibangun di Rawamangun dan ke Kelapa Gading. Itu belum bisa dimanfatkan secara optimal. Jadi enggak apa-apalah, toh atlet udah ada busnya," ujar JK.

Asian Games 2018 akan dibuka pada 18 Agustus mendatang. Pesta olahraga terbesar di Asia itu akan berlangsung hingga 2 September 2018. Indonesia sudah dua kali menjadi tuan rumah Asian Games. Sebelum tahun ini, Indonesia menyelenggarakan Asian Games pada 1962 silam.


Baca juga artikel terkait ASIAN GAMES 2018 atau tulisan menarik lainnya Lalu Rahadian
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Lalu Rahadian
Penulis: Lalu Rahadian
Editor: Addi M Idhom